GMKI: Pantau Pemilu, Wujud Peduli Demokrasi dan Tegakan Pemilu Berintegritas

Ketua GMKI Kota Batam, May Shine Debora Panaha saat pantau pemilu ke beberapa kecamatan. (Ist)

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kota Batam, salah satu lembaga pemantau pemilu (Nomor: 13/PM. 05/K1/8/2022) dari organisasi kemahasiswaan. Dengan dasar hukum Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Pemantauan Pemilu.

Ketua GMKI Kota Batam, May Shine Debora Panaha menyampaikan bahwa Sejak tanggal 24-26 Februari 2024, telah melakukan turun langsung ke lokasi memantau perhitungan suara tingkat Kecamatan di Kota Batam.

Bacaan Lainnya

“Betul, sejak Sabtu kemarin kami turun ke setiap lokasi perhitungan suara di setiap kecamatan untuk memantau langsung prosesnya,” ucap May

Adapun kegiatan tersebut bertujuan bentuk tanggung jawab GMKI sebagai Pemantau Pemilu dan memastikan berjalannya pemilu memenuhi Prinsip-prinsip pemilu (Pasal 3, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ).

“Tentu ini sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai lembaga pemantau pemilu, serta ingin memastikan berjalannya proses mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan memenuhi prinsip pemilu,” ujarnya

“Lalu, wujud keperdulian terhadap demokrasi di negri kita, masyarakat harus turut mengawal suaranya serta kami juga melakukan analisis sebagai saran dan kritik untuk penyelenggara pemilu,” lanjut Perempuan keturunan Sulawesi Utara tersebut.

Dalam penyampaiannya, ia juga mengingatkan kepada penyelenggara pemilu agar setiap tahap harus dijalankan dengan jujur, adil, dan profesional dalam tugasnya.

“Kami ingatkan, agar tidak menjadi bagian dari pelaku jika ada kecurangan pemilu. Sehingga jalankan dengan adil, jujur dan profesional terhadap kepercayaan yang diberikan,” lugasnya.

Dari hasil pantauan, semua berlangsung dengan baik. Namun saya sampaikan, agar tetap konsisten dan komitmen dalam menjaga kepercayaan masyarakat untuk keutuhan bangsa.Tutupnya.

Hal itupun mendapat respon baik dari Komisioner KPU Kota Batam Adri Wislawawan, saat berketetapan berjumpa di lokasi pleno rekapitulasi suara di Kecamatan Batu Ampar.

“Ketepatan saat ini sedang berlangsung finalisasi pleno rekapitulasi suara di Kecamatan Batu Ampar, dan melihat rekan-rekan yang sedang melakukan pemantauan, kiranya terus aktif dan berkontribusi dalam pemilu hingga selesai dan jaya dalam pergerakan selanjutnya,” sambut Adri, anggota KPU Kota Batam.

Berikut adalah wilayah kecamatan yang telah dipantau langsung oleh GMKI Kota Batam;
1. Kecamatan Batam Kota
2. Kecamatan Batu Aji
3. Kecamatan Sagulung
4. Kecamatan Batu Ampar
Dan setiap kunjungannya disambut oleh petugas PPK di setiap kecamatan.

Dalam pelaksanaan pantauan tersebut, GMKI juga membagi-bagikan susu kaleng ke setiap kecamatan kepada para petugas perhitungan suara dilokasi. (Ril).

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.