SMA Negeri 3 Batam Umumkan Siswa Eligible Ikuti SNBP 2024, Ini Nilainya

lokasi SMA N 3 Batam (dok)

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Pihak sekolah SMA Negeri 3 Batam telah mengumumkan siswanya yang mendapat Eligible. Dimana Pemerintah membuka jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dalam mengakomodir mahasiswa baru. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa eligible.

Dari informasi yang diberikan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Batam Syarifah Silvi mengatakan bahwa, nilai raport siswa reguler tahun ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yakni :87, 90. Sedangkan tahun sebelumnya nilai raport siswa reguler yaitu : 87,26.

Bacaan Lainnya

“Tahun lalu sekolah kami masih ada kelas percepatan lama belajarnya cuman 2 tahun, dan nilai tertinggi raport mereka saat itu 93, 56. Namun tahun ini hanya kelas reguler ,”ujar Silvi, Selasa (23/1/ 2024) sore pada Telisiknews.com.

Selamat kepada peserta didik yang telah terpilih sebagai Siswa Eligible (Berdasarkan Jumlah Nilai Rapor Semester 1 s.d. 5) tahun 2024 ini. Ada tiga jurusan yang dikirimkan pihak SMA Negeri 3 Batam untuk jalur Eligible yakni: IPA, IPS dan Bahasa.

Untuk jurusan IPA, ada 91 siswa ditambah 9 siswa cadangan yang berhak ikuti jalur SNBP melalui prestasi (eligible).

Selanjutnya, untuk jurusan IPS sebanyak
72 siswa ditambah 10 siswa cadangan. Sementara untuk jurusan bahasa sebanyak 14 siswa ditambah 5 siswa cadangan. Sehingga yang berhak ikuti jalur SNBP ini berjumlah 176 siswa ditambah 24 siswa cadangan. Data ini didapat dari salah satu siswa yang mendapat eligible

Lantas apa itu siswa eligible?

Mengutip dari laman resmi SNPMB 2024, siswa eligible ini merupakan siswa pilihan yang direkomendasikan oleh pihak sekolah masing-masing.

Ketentuan Siswa Eligible SNBP 2024

Siswa eligible atau memenuhi syarat adalah siswa yang bisa mendaftar SNBP 2024. Ketentuan siswa eligible ini ditetapkan oleh masing-masing sekolah, dengan mengacu pada hal-hal berikut:

Jumlah siswa eligible disesuaikan dengan kuota sekolah

Siswa eligible biasanya ditentukan berdasarkan rata-rata nilai mata pelajaran semester 1-5

Dalam penentuan siswa eligible, sekolah bisa menambahkan kriteria lainnya misalnya prestasi akademik atau capaian siswa dalam mengerjakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Syarat umum dari siswa eligible ini antara lain, WNI, memiliki NIK, memiliki NISN, memiliki nilai rapor yang sudah diisikan sekolah di PDSS, mengunggah portofolio jika memilih bidang olahraga atau seni, dan memenuhi syarat PTN tujuan.

Aturan Kuota Sekolah SNBP 2024

Kuota sekolah disesuaikan akreditasi sekolah dalam menentukan siswa eligible, yaitu:

# Sekolah akreditasi A: 40 persen siswa terbaik

# Sekolah akreditasi B: 25 persen siswa terbaik

# Sekolah akreditasi C: 5 persen siswa terbaik

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.