Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi: Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Pj Gubernur Sultra, Andap.Budhi Revianto foto bersama anak -anak disabilitas (ist).

TELISIKNEWS.COM, KENDARI – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra),Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menghadiri acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI). Acara ini dihadiri 138 anak – anak berkebutuhan khusus (ABK) dari 82 sekolah luar biasa (SLB) se Sultra.

Tidak hanya itu saja, Hari Disabilitas Internasional ini juga dihadiri organisasi penyandang disabilitas dari Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) dan 176 Guru, Jumat (8/12/2023)di Kantor Gubernur Sultra.

Bacaan Lainnya

Tahun ini, peringatan HDI mengusung tema “Bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan untuk, dengan dan oleh penyandang Disabilitas”.

Andap dalam sambutanya mengatakan terima kasih banyak, rasa hormat dan rasa bangga kepada para Guru bagi anak berkebutuhan khusus atas segenap dedikasi dan pengabdian yang tak kenal lelah dalam mengajarkan Anak-Anak untuk terus produktif dan berkarya.

“Saya menghaturkan terima kasih banyak, rasa hormat dan rasa bangga kepada para Guru bagi anak berkebutuhan khusus atas segenap dedikasi dan pengabdian yang tak kenal lelah dalam mengajarkan anak-anak kita untuk terus produktif dan berkarya,” ujar mantan Kapolda Kepri yang saat ini Pj Gubernur Sultra.

Diterangkan Andap, mendasari berbagai ketentuan seperti UU No 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, UU No 39 tahun 1999 tentang Ham, termasuk juga Resolusi Majelis Umum PBB pada tahun 1992, Ditegaskan Andap mengenai sejarah HDI yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 3 Desember.

Selain itu, Andap juga menyinggung bahwa sebentar lagi, yakni pada tanggal 10 Desember mendatang, kita akan memperingati hari Ham.

“HDI tahun ini diselenggarakan pada tanggal 8 Desember, disamping untuk memperingati Hari Disabilitas, kita rangkaikan juga dengan peringatan hari Ham sedunia yang akan jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang,” ucapnya.

Andap juga membeberkan hak-hak penyandang disabilitas yang harus di penuhi, seperti bebas dari stigma, memperoleh keadilan dan perlindungan hukum, pendidikan, pekerjaan, politik hingga terbebas dari tindakan diskriminasi, penelantaran, penyiksaan dan ekploitasi sesuai amanat dari Undang-Undang No 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Status kita sama dengan mereka saudara- saudara Penyandang disabilitas. Kemarin saya juga sudah koordinasi dengan KPU dan Bawaslu mengenai hak – hak politik mereka menjelang Pemilu 2024. Saya sampaikan agar penyandang disabilitas di Sultra dimasukkan dalam DPT bagi mereka yang telah memiliki e-KTP,” ungkapnya kepada media ini.

Pj Gubernur Sultra, Komjen Pol. Andap Budhi saat menyerahkan pada anak -anak Disabilitas. (Ist).

Selanjutnya Pj Gubernur Sultra juga mengintruksikan kepada Kepala perangkat daerah terkait untuk melaksanakan langkah-langkah konkret sebagai bentuk dukungan bagi Penyandang disabilitas.

“Saya instruksikan Kepala perangkat daerah agar segera eksekusi sesuai kompetensi bidang tugasnya masing – masing, seperti hak untuk mendapatkan pekerjaan, segera buat rancangan peraturannya. Secara aturan,sebanyak 2% untuk peluang bekerja di instansi pemerintahan, dan 1% pada sektor swasta. Tuntaskan kewajiban kita, penuhilah hak-hak penyandang disabilitas,” tegas Pj Gubernur Sutra, Andap Budhi.

Menyambut Hari Ham Sedunia, Andap juga menyinggung soal pemenuhan hak-hak bagi para penyandang disabilitas.

“Kemarin saya cek ternyata belum ada sarana prasarana pendukung bagi penyandang disabilitas. Saya perintahkan segera mengakomodir kebutuhannya, seperti parkir khusus bagi kendaraan, jalur khusus, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Dalam rangkaian peringatan HDI tersebut, berbagai kegiatan seperti pembacaan ayat suci Al Quran, fashion show, hiburan musik yang diisi secara mengesankan oleh anak – anak penyandang disabilitas, termasuk juga penggelaran 75 produk hasil karya mereka.

Pj Gubernur dalam kesempatannya memberikan dukungan bagi 60 pelajar penyandang disabilitas untuk mendukung kegiatan belajar.

“Selamat memperingati HDI 2023, doa dan harapan semoga bapak, Ibu para Guru senantiasa dimudahkan, sehat selalu, lancar dalam mengasuh dan memberikan pendidikan. Saya Pj Gubernur bersama bapak Ibu orang tua penyandang disabilitas, saya juga orang tua bagi mereka,” ujar Andap yang disambut tepuk tangan gemuruh di lokasi kegiatan. (Ril).

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.