Diduga Suspect Corona, 9 Warga Riau Diisolasi. Kata Kadis Kesehatan Satu Pasien Negatif

TELISIKNEWS. COM, PEKANBARU – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Mimi Yuliani Nazir menyebut sebanyak sembilan warga Riau dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Pekanbaru karena dugaan suspect Corona Virus (Covid-19).

Kesembilan pasien tersebut diduga terjangkit karena mengalami gejala-gejala wabah itu, para pasien pun langsung mendapatkan tindakan medis yang cukup intensif.

Bacaan Lainnya

“Benar, ada 9 yang kita duga terjangkit,” kata Mimi, Senin (15/3/2020).

Mimi menerangkan, keseluruhan pasien tersebut dirawat di ruang isolasi dan ditangani dengan sangat hati-hati untuk mengurangi dampak penularan. “Diisolasi semua,” tambahnya.

Dari 9 pasien, lanjutnya, sudah ada 1 yang dipulangkan. Pemulangan pasien tersebut karena hasil pemeriksaan menyatakan bahwa dugaan corona negatif.

“Dari 9 pasien, satu sudah kita perbolehkan pulang. Sementara sisanya masih dirawat,” sambung dia.

Pemulangan para pasien yang masih dirawat diperkirakan akan segera dilakukan jika hasil pemeriksaan atau uji swab dikeluarkan oleh Litbangkes Kemenkes RI dan hasilnya negatif.

“Kalau negatif, kita perbolehkan (pulang, red). Kalau positif, kita lanjutkan penanganan yang lebih intensif lagi,” tandasnya.

Sebelumnya, salah seorang warga Dumai juga dikabarkan terjangkit Covid-19. Mimi menyatakan bahwa pasien tersebut telah mendapatkan penanganan medis yang ketat dan kondisinya berangsur pulih.

Pasien dari RSUD Dumai tersebut hingga kini masih menjalani perawatan di ruang isolasi, menunggu hasil uji swab dari Litbangkes Kemenkes RI dikeluarkan perihal kondisi pasien. Pungkasnya (Nofri).

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.