BLK di Kabupaten Batu Bara Diresmikan, Buruan Cari Informasi Kapan Pelatihannya

Bupati Zahir saat penguntungan pita tanda BLK di Kabupaten Batu Bara diresmikan. (Man)

TELISIKNEWS.COM, BATU BARA – Balai Latihan Kerja (BLK) telah buka dan diresmikan oleh Bupati Batu Bara, Zahir, M.AP, Selasa (21/3/2023) yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, Desa Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Kehadiran BLK ini sangat dinanti dan dibutuhkan oleh anak muda dari setiap Desa atau Kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara. Adanya BLK ini maka sumber daya manusia (SDM) di Batu Bara tidak kalah saing lagi dengan daerah lainnya dalam mencari pekerjaan.

Bacaan Lainnya

UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Batu Bara ini adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas yang bernaung dibawah Dinas Tenaga Kerja Batu Bara. Dalam melaksanakan tugasnya, UPTD Balai Latihan Kerja bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja Kabupaten Batu Bara,  UPTD Balai Latihan Kerja mempunyai tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional Dinas Tenaga Kerja di bidang pelatihan ketrampilan kerja.

Kedepan UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara, yaitu menjadi pusat pelatihan kerja berbasis kompetensi, berdaya saing tinggi dan memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Dengan tujuan : menyiapkan angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing tinggi, mengembangkan program pelatihan berbasis kompetensi; mengembangkan kerjasama dengan stakeholder.

UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara  saat ini melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dengan bidang workshop dan kejuruan yaitu : Pengelasan, Barista, Otomotif, Menjahit, Komputer, dan Listrik/AC.

Bagi anak muda secara khusus warga di Kabupaten Batu Bara yang ingin ikut pelatihan di UPTD BLK ini, buruan cari informasinya.

Menurut Camat Sei Suka, Tumpak Saragi menyampaikan, ia hanya mengetahui bahwa BLK Batu Bara. Namun terkait berapa orang yang dilatih saat ini tidak mengetahuinya.

” Masalah tenaga kerja, dan skill anak Kabupaten Batu Bara itu urusan Dinas Tenaga Kerja dan UPT BLK, Batu Bara. Karena  masing – masing punya Tupoksi. Dan beraoa orang yang di latih d BLK, saya juga tidak tahu karena  BLK tidak ada koordinasi dengan kita.  Perekrutannya juga on line, jadi yang tahu itu adalah BLK Batu Bara,” tulis Tumpak saat dikonfirmasi media ini, Rabu (22/3/2023) melalui whatshapp.

Selain itu, kata Tumpak Saragi bahwa biasanya pelatihan yang ada di BLK itu grati, bahkan ada juga uang transportasinya. Hanya saja ke semua Camat informasi itu tidak ada soal BLK ini.

“Saya tahu itu, karena saya pernah di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker),” ujarnya.

Lanjut Tumpak, terkait siapa yang di latih, ya datang dan daftar ke BLK. Namun harus sabar menunggu sesuai skill masing -masing. Yang melatih juga datang dari pusat, dan sertifikatnya  berlaku secara Nasional.

“Ini zaman sudah maju, semua serba smartphone, anak -anak muda juga sudah lebih pintar dari  kita tentang  pencarian kerja. Yang penting aktif,  kalau mau lebih pasti terkait informasi itu,silahkan datang ke Disnaker dan BLK, tanya langsung kesana tentang  pelatihan apa yang sedang dan akan dilaksanakan,” pungkas Tumpak. (Nikson).

Editor : Novi.

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.