177 Siswa Eligibel dari SMAN 3 Batam Menuju Kampus Perguruan Tinggi Negeri

Ilustrasi siswa eligible masuk ke PTN (int)

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Wali murid  dari siswa Eligibel atau jalur undangan untuk masuk perguruan tinggi negeri telah dipanggil oleh Kepala SMA Negeri 3 Batam. Sebanyak 177 siswa jalur undangan yang disiapkan oleh pihak sekolah dari jurusan IPS sebanyak 64 orang. IPA sebanyak 99 orang dan jurusan bahasa sebanyak 14 orang..

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula SMAN 3 Batam Center, Senin (30/1/2023), untuk menjelaskan terkait aturan dan peraturan siswa yang namanya masuk pada jalur undangan. Hal itu dijelaskan oleh guru BK dan  Kepala SMAN 3 Batam, Syarifah Silvia Andriani, S.Pd, M.M.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan bahwa, para siswa Eligibel yang lolos SNBP 2023 dari SMAN 3 Batam untuk diteruskan ke pihak kampus sesuai bakat, keinginan dan kemampuan siswa  Karena SNBP adalah jalur masuk PTN lewat seleksi nilai rata -rata rapor dari semester 1 – 5.

” Kami perlu sampaikan pada wali murid yang anaknya lolos jalur undangan dari sekolah ke PTN agar benar -benar dipersiapkan, baik dari segi mental dan biaya,”kata Syarifah

” Bukan itu saja, ketika kampus yang diminati oleh anak dan diterima disana, namun anak atau orang tua yang membatalkan maka pihak sekolah akan mendapat teguran atau black list dari pihak kampus. Maka, untuk siswa lulusan berikutnya akan sulit diterima oleh pihak kampus tersebut,” ujar Syarifah mengingatkan wali murid.

KAMPUS MEMILIH MAHASISWA JALUR UNDANGAN SNBP

Bahwa keunggulan jalur SNBP yang utama adalah bebas biaya pendaftaran karena ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dan tanpa tes, dan hanya menggunakan seleksi raport semester 1-5 jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/ sederajat.

Artinya calon mahasiswa yang lolos jalur ini tidak perlu melakukan tes lagi, diterima langsung oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju setelah lolos berkas administrasi dan mungkin ada juga test wawancara.

Kuota siswa eligible tergantung dari akreditasi setiap sekolah. Tak hanya itu, setelah sekolah mendapat kuota sesuai akreditasi dan jumlah siswa, sekolah juga akan memilih siswa yang akan diikutkan dalam SNBP. Untuk diketahui bahwa SMAN 3 Batam ini mendapat akreditasi A. Tutur guru BK.

Untuk penerimaan mahasiswa saat ini ada tiga jalur yakni :
1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP ).

2.  Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

3. Seleksi Mandiri PTN 2023.

Penulis : Nikson Juntak
Editor :  Novi

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.