Walikota Batam Hadiri Pesta Bona Taon PSSSI se- Batam Timur, Dan Ini Maknanya

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Sebanyak 600 kepala keluarga (KK) dengan 21 sektor hadir di acara pesta Bona Taon PSSSI Batam Timur, yang dilaksanakan pada Minggu (27/1/2019) pagi.

Hadir dalam pesta Bona Toan ini antara lain: Walikota Batam Rudi SE, Djasarmen Purba, Richard Pasaribu, Mesrawati Tampubolon dan Wirya Silalahi. Yang semua ini merupakan calon anggota dari DPRD Kota/ Propinsi Kepri, DPD dan DPR RI.

Bacaan Lainnya

Walikota Batam, Rudi SE saat memberikan sambiutan

Dalam sambutan Walikota Batam Rudi SE, mengajak warga Batam untuk melepaskan perbedaan dan satukan tujuan persamaan. Dan berharap kepada seluruhnya untuk mendukung program pembangunan yang ada di Kota Batam ini. Kata Rudi SE

Inilah Bona Taon bagi orang Batak. Apalagi, bulan-bulan ini adalah waktu yang tepat pesta tersebut digelar.

Sesuai namanya ‘Bona Taon’ atau awal tahun, pesta ini biasanya digelar pada dua bulan pertama setiap tahun yang baru. Pesta Bona Taon ini biasa digelar berdasarkan keturunan, marga atau komunitas Batak yang berada di perantauan.

600 KK anggota PSSSI Batam Timur hadir dalam pesta Bona Taon

Lalu apa makna Pesta Bona Taon, bagi Persatuan Simanjuntak Sitolu Sada Ina (PSSSI) Boru dan Bere se- Batam Timur?

1.Ibadah
Dalam Pesta Bona Taon, khususnya yang beragama Kristen, diajak untuk menyatukan doa. Bersyukur atas berkat yang telah diberikan, berdoa memohonkan perlindungan dan penyertaan, dan membaharui ketaatan kepada firman-Nya.

Dalam kebaktian Bona Taon ini telah disampaikan Pdt bahwa, orang-orang Batak Kristen itu mengaku bahwa hidupnya sangat tergantung kepada belas kasihan dan kemurahan Allah, bukan kepada kehebatan dan kekayaanya.

2.Penegasan Identitas
Bona Taon juga menjadi wadah untuk menegaskan identitas kebatakan. Walaupun tidak dikatakan secara gamblang, melalui acara Bona Taon itu komunitas Batak (Kristen) juga hendak menegaskan identitas jati dirinya.

3. Penugahan ulang persaudaraan dan kekeluargaan

Pada kehidupan di kota besar dan modern, banyak orang termasuk orang-orang Batak yang terpencar-pencar dan tercerai-berai. Atas keramaian dan hiruk-pikuk kota tersebut, banyak orang bisa merasa sepi, sendiri dan bahkan terasing.

Maka melalui acara Bona Taon orang-orang Batak Kristen itu menemukan dirinya tidak sendirian namun memiliki keluarga, sanak dan saudara. Sehingga dapat menguatkan di tengah kenyataan hidup yang keras ini.

4. Tekad ke Masa Depan 
Hampir semua perkumpulan Batak-Kristen menggelar acara Bona Taon pada setiap tahunannya, dengan pesta ini suatu peluang untuk membuatnya sebagai suatu dorongan bergerak ke masa depan.

Hal inilah yang menguatkan tradisi orang Batak melaksanakan pesta Bona Taon, secara khusus PSSSI Batam Timur yang diadakan di gedung serbaguna HKBP Lubuk Baja Batam.

Nikson@Hutabulu15

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.