Terbaru, 7 Terkonfirmasi Positif Covid 19 HUT RI ke 75 di Kota Batam

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Sesuai rilis dari tim gugus tugas Kota Batam, kasus terbaru terkonfirmasi positif COVID-19 di Batam, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke 75, Senin 17 Agustus 2020.

Sebanyak 7 kasus hasil pemeriksaan swab Tim analis BTKLPP Batam serta berdasarkan hasil temuan kasus dan hasil tracing di Kota Batam. Ketujuh warga Kota Batam tersebut terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan. Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi ini.

Bacaan Lainnya

1. Kasus nomor.402, Ny. AA, umur 30 tahun, perempuan, beralamat di kawasan perumahan kampung Melayu Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke RS Soedarsono Darmo Soewito dengan keluhan batuk kering sejak seminggu yang lalu.

Yang bersangkutan pada tanggal 04 Agustus 2020 baru tiba dari Kota Medan. Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan RDT, yang hasilnya diperoleh “IgG,IgM Reaktif” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Kemudian sesuai hasil pemeriksaan RDT tersebut pada tanggal 13 Agustus 2020, dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima Terkonfirmasi “Positif”. Saat ini perawatan isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Embung Fatimah Batam dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

2. Kasus nomor.403, SB, Laki-laki, 50 tahun, karyawan swasta, beralamat di kawasan  perumahan Citra Batam Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan terkait dengan kasus Terkonfirmasi “342” maka pada tanggal 13 dan14 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab PCR yang hasilnya diketahui “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolas rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang. Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

3 Kasus nomor. 404, Ny. H, 47 tahun Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Orchid Garden Kelurahan Baloi Indah Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke Poli Paru RS Harapan Bunda Batam dengan keluhan batuk berdahak dan pilek disertai sakit tenggorokan.

Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif dan ditegakkan diagnosa “ISPA+Susp, Covid-19” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya. Selanjutnya,13 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang.

4. Kasus nomor.405, Ny.TSW 39 tahun, karyawan swasta, beralamat di kawasan perumahan Grand BSI Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan datang berobat ke RS St Elisabeth Lubuk Baja Batam dengan keluhan demam, batuk berdahak disertai kepala pusing.

Sesuai dengan keluhannya tersebut
maka dilakukan pemeriksaan secara intensif dan ditegakkan diagnosa “Pneumonia Ringan+Susp, Covid-19”, dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya. Selanjutnya,13 Agustus 2020 dilakukanlah pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang, dan sejauh
ini kondisinya dalam keadaan stabil.

5. Kasus nomor. 406,.I, Laki-laki, 30 tahun, karyawan swasta, beralamat di kawasan perumahan YKB Kelurahan Bengkong Laut Kecamatan Bengkong Kota Batam.

Yang bersangkutan datang berobat ke RS St Elisabeth Lubuk Baja Batam dengan keluhan demam, batuk disertai nyeri menelan dan sakit kepala. Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif dan ditegakkan diagnosa “Pneumonia Ringan+Susp, Covid-19” dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Selanjutnya 13 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya Terkonfirmasi “Positif”. Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan di ruang perawatan isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang.

6. Kasus nomor. 407, R, Laki-laki, 46 tahun, swasta, beralamat di kawasan perumahan Sandona Carissa Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang Kota Batam. Yang bersangkutan datang berobat ke RS Budi Kemuliaan Batam dengan keluhan demam, batuk disertai penurunan nafsu makan.

Sesuai dengan keluhannya tersebut maka dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan RDT yang diperoleh hasil “Non Reaktif”, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Rontgen Thorak dengan kesan “Susp Kardiomegali/sesuai gambar viral pneumoni typical covid”.

Sesuai gambaran tersebut selanjutnya dokter menegakkan diagnosa “Susp, Covid-19+HHD+Prolonged Fever” dan direkomendasi untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit guna penanganan kesehatannya lebih lanjut.

Kemudian, 14 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya Terkonfirmasi “Positif”. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan relatif stabil dan masih ditempatkan di ruang perawatan di rumah sakit Budi Kemuliaan Batam.

7. Kasus Nomor. 408, Ny.PTM, 35 tahun, wiraswasta, beralamat di perumahan Citra Batam Kelurahan Teluk Tering Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan merupakan istri dari Terkonfirmasi positif “403”. Terkait kasus terkonfirmasi nomor “342” maka pada 14 Agustus 2020 yang bersangkutan bersama suaminya melakukan pemeriksaan swab/PCR, yang hasilnya Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini yang bersangkutan tengah dalam persiapan evakuasi untuk ditempatkan pada ruang perawatan isolas rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang. Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.