Luar Biasa, 293 Wisuda SMK Kartini Batam 2022 Miliki Sertifikat Kompetensi dari BNSP

  • Whatsapp
Ketua Yayasan Keluarga Batam Sri Sudarsono dan Kepsek Mujiono saat memberikan piagam pada lulusan terbaik akademik SMK Kartini Batam (nik)

TELISIKNEWS.COM,BATAM -SMK Kartini Batam melaksanakan wisuda dan pelepasan peserta didik kelas XII tamatan ke 34 tahun 2021 -2022. Sebanyak 293 siswa dan siswi di wisuda pada angkatan ini, semuanya memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

SMK Kartini Batam memiliki 5 jurusan yaitu ;Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Akuntansi, Multimedia dan Asisten Keperawatan.

Read More

Kepala sekolah SMK Kartini Batam Mujono S.Pd, M.M dalam sambutannya menjelaskan bahwa, sekolahnya ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) berdasarkan SK Dirjend Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 22/D/0/2021.

Yaitu merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi dan kinerja, sekaligus menjadi SMK rujukan nantinya. Selain itu, SMK Kartini telah menetapkan kompetensi Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai kompetensi unggulan awal dan juga pengganti kompetensi keahlian multimedia yang ada sebelumnya..

“Kami memiliki teaching factory, percetakan dan entertaiment untuk menunjang praktik siswa. Selain itu, kami juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan 5 skema pengujian yakni Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Akuntansi, Multimedia dan Asisten Keperawatan,” kata Mujiono, Sabtu (18/6/2022) kepada Telisiknews.com, usai acara wisuda di Ballroom lantai 6 Harmoni one hotel Batam Center.

Lanjut Mujiono, dari 293 siswa tersebut, 2 orang menerima beasiswa Monbukagakusho/Mext untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang dan 1 orang ke Taiwan di Hienkuo Technology University.

Selain itu, 10 orang diterima di Perguruan Tinggi Negeri Melalui jalur SNMPTN tanpa test. Dari 10 siswa ini salah satunya adalah siswa Inklusi Tuna Rungu diterima di UNSRI Palembang. Bukan itu saja, 20 orang masuk jalur beasiswa prestasi dan 38 orang jalur mandiri.

Para wisuda SMK Kqrtini Batam dan tanu undangan (nik)

“Sebanyak 293 siswa yang kita wisuda untuk SMK. Dari jumlah itu, ada 29 orang langsung diterima kerja di PT Agung Toyota Mall, PT Pionika Mobilindo, PT Shimano dan PT Panasonic,” tutur Mujiono.

Acara tersebut juga dihadiri oleh ketua Yayasan Keluarga Batam (YBK ) Sri Sudarsono, Kacabdis Kota Batam Nor Muhammad, para guru, ketua komite dan tamu undangan lainnya serta para orang tua siswa.

Sri Sudarsono menyampaikan pesan kepada siswa yang di wisuda agar suatu hari kelak jangan lupa dengan SMK Kartini Batam. Dan bagi yang melanjutkan pendidikan di luar negeri, Sudarsono juga meminta agar kembali ke Indonesia untuk membangun negeri ini.

“Anak -anakku, jangan lupa akan sekolahmu SMK Kartini ini. Apabila kalian nanti sudah berhasil berilah perhatian pada sekolah ini. Dan buat cucu -cucu eyang yang sekolah di luar negeri, kembalilah ke Indonesia dan bangun negeri ini,” ujar Eyang Sri Sudarsono.

Sri Sudarsono juga mengatakan bahwa yayasan selalu memberikan dukungan kegiatan belajar mengajar, baik itu juga study banding. Hal itu untuk kemajuan siswa dan para guru.

Eyang juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama anak -anak bersekolah di SMK Kartini ada yang kurang berkenan di hatinya dan orang tua, hal itu semata -mata hanya untuk mendidik kebaikan anak – anak saja.

“Mudah -mudahan, di usia Eyang yang 78 tahun ini dapat kembali hadir dan berdiri di acara tahun depan,” ujar Sri Sudarsono.

Sri Sudarsono dan Kepsek Mujiono saat menyerahkan piagam penghargaan pada lulusan terbaik akademik 2022 (nik).

Sementara, Kacabdis Nor Muhammad menyampaikan bahwa Yayasan Keluarga Batam (YKB) sudah sangat teruji dan baik maka tidak salah untuk memilih untuk belajar disini.

“Guru itu adalah orang tuanya di sekolah sehingga para orang tua siswa percayakan anak – anak untuk didik,” pintanya.

Pada angkatan ke 34 tahun 2021/2022 ini, lulusan terbaik dengan rata -rata nilai raport semester 1- 6. Lulusan terbaik pertama dipegang oleh Agreani Ningsih, nilai 94,59, kedua Julianto 92,14 dan ketiga Suci Aprialia 88,91. (Nik).

 

Editor : Novi.

Related posts