Dokter Afrizal : Kejujuran Anda Bisa Memutus Mata Rantai Covid 19

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Virus Covid 19 menimbulkan rasa takut bagi masyarakat, himbauan tidak perlu takut berlebihan dan merasa malu memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan adalah hal yang salah.

Wakil ketua 3 DPRD Kepri, dr. Tengku Afrizal Dahlan mengingatkan, lebih baik segera diketahui agar bisa ditangani tim dokter dan para medis. Apalagi setiap orang memiliki imun tubuh untuk sembuh melawan Covid 19.

Bacaan Lainnya

Afrizal juga mengatakan bahwa terkena virus Corona 80 persen sembuh karena ada imun tubuh setiap orang.Tinggal bagaimana menekan angka 20 persen terhindar dari kematian. Artinya bagi masyarakat diharapkan terbuka dan jujur kepada tim dokter dan tenaga medis lainnya.

“Covid bukan penyakit menular, yang terjadi disebabkan akibat perilaku yang tercela, tapi penyebaraanya sangat mudah terpapar. Untuk itu, tolong jujur karena 1orang saja bisa menyebabkan penularan yang signifikan dan tidak terbendung,” kata dokter Afrizal, Minggu (5/4/2020) sore kepada Telisiknews.com.

Lanjut Afrizal, masyarakat yang dalam status orang dalam pantauan (ODP) harus disiplin dengan isolasi mandiri di rumah agar tidak penyebar Covid 19 ini. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) saat pertama mendatangi ruang emergency rumah sakit dengan keluhan batuk dan demam (belum ada hasil tes kalau positive covid).

Diminta jujur dan tidak menyangkal kalau pernah melakukan perjalanan luar kota. Apabila tetap berbohong, saat masuk ruang emergency tersebut, ada 10-15 orang pasien lain dan 8-10 orang tenaga medis (perawat & dokter) di dalam akan mengalami nasib yang sama.

“Jadi kita harus terbuka, semakin cepat di ketahui akan memudahkan upaya penangananya. Ketidakjujuran pasien akan menambah deretan panjang penderita Covid 19 dan tim dokter dan perawat yang menanganinya jadi ikut terpapar,” tegasnya.

Ditegaskan kembali, masyarakat harus terbuka saat melakukan pemeriksaan. Kejujuran, sportif dan disiplin menjalani isolasi diri akan mempercepat  melawan Covid 19 ini. Pungkasnya.

Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.