BTKLPP Batam dapat Bantuan Mobil Laboratorium untuk Percepatan Penangangan Covid 19

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kota Batam menerima bantuan satu unit mobil laboratorium dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan.

Kepala BTKLPP Batam, Budi Santoso mengatakan, mobil ini berperan sebagai laboratorium tambahan. Mobil laboratorium ini akan bergerak di sejumlah daerah di Batam yang sangat memerlukan. Hal ini untuk melakukan surveilans dalam kasus Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Dengan mobilitasnya yang tinggi dengan adanya mobil laboratorium ini tentunya dapat menyasar ke beberapa tempat,” kata Budi, Senin (11/1/2021) malam kepada Telisiknews.com.

Kepala BTKLPP Batam, Budi Santoso

Mobil ini kata Budi, akan dipakai untuk membantu pelayanan khususnya dalam penanganan Covid-19 di wilayah Batam. Sampel yang diterima oleh mobil akan langsung diproses, sehingga hasil akan didapatkan dalam waktu yang relatif singkat.

“Bisa langsung diperiksa di mobil karena alat PCR dan kelengkapanya sudah ada,” ungkap Budi.

Rencananya mobil ini akan bergerak secepatnya, namun belum bisa sekarang masih menunggu uji fungsi dari penyedia barang. Saat ini masih ada beberapa kesiapan yang harus dilakukan. Dalam sekali jalan bisa melakukan pemeriksaan terhadap 96 sampel.

“96 sampel sekali running karena mesin PCRnya ada 96 hole/lobang,” tutur Budi Santoso lagi.

Mobil Laboratorium ini tiba di Batam dan diterima oleh staf BTKLPP, Kamis (7/1/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Kemudian dicek oleh koordinator laboratorium dan serta staf BMN dan staf pencatat Barang Milik Negara. Ujarnya.

 

Editor : Nikson Juntak

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.