Berikan Edukasi Hukum Sejak Dini, Jaksa Kejati Kepri Kunjungi SMAN 1 Batam

Kasipenkum Kejati Kepri, Denny Enteng Prakoso saat memberi materi ke siswa SMAN 1 Batam (ist).

TELISIKNEWS COM,BATAM – Dalam rangka membentuk Revolusi Mental di Bidang Pendidikan dengan fokus pada peningkatan kesadaran hukum, Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau menggelar kegiatan Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMN 1 Batam pada Senin (20/11/2023).

Tim JMS yang hadir oleh Kasi Penerangan Hukum Denny Anteng Prakoso, SH., MH., Kasi PPS Nico Fernando, SH., MH., dan Kasi Teknologi dan Produksi Intelijen M. Chadafi Nasution, SH., MH.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut  bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai hukum kepada siswa, sebagai generasi penerus bangsa. Partisipasi siswa dan guru mencapai 200 orang dengan antusiasme dan interaktifitas tinggi. Dengan tema “Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika”.

Dalam penyampaian materi, narasumber Denny Anteng Prakoso, SH., MH., menegaskan tugas utama siswa sebagai pelajar, yaitu belajar dan meningkatkan kemampuan diri untuk mencapai cita-cita mereka.

Foto bersama duta medsos SMAN 1 Batam, Denny Enteng (kaca mata hitam) dan CM Chadafi Nasution SH serta Kepsek, Bactiar (ist).

Selain itu, Enteng juga mengingatkan tentang bahaya narkotika atau narkoba, serta obat-obatan terlarang, yang semakin meresahkan masyarakat.

Dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, Enteng menjelaskan bahwa narkotika terdiri dari berbagai golongan, termasuk Ganja, Opium, Shabu-Shabu, Pil Extasi, Morfin, Alfaprodina, dan Codein.

Selanjutnya, Enteng menyampaikan soal ancaman hukuman dan denda yang diatur dalam pasal-pasal Undang-Undang tersebut.

Dalam sesi dialog interaktif antara narasumber dan siswa berlangsung menarik, dengan siswa memberikan pertanyaan kritis dan pemahaman yang baik terhadap jawaban narasumber.

Berharap agar Tim JMS dapat terus menyelenggarakan kegiatan serupa guna memberikan wawasan hukum kepada siswa.

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini sebagai wujud nyata dukungan terhadap Agenda Nawa Cita ke-8 Pemerintah Indonesia, yaitu “Melakukan Revolusi Karakter Bangsa.”

Dalam kegiatan tersebut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Dr. Darson S.Pd., M.Si., Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Heru Sulistyo, SE., Ak, dan Kepala Sekolah SMAN 1 Batam Bahtiar, M.Pd., beserta para guru. (Ril).

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.