251 Asesi SMK Kartini Batam dengan 5 Skema di Uji LSP Kartini, Ini Kata Kepsek Mujiono

Kepsek SMK Kartini, Mujiono (jas coklat) foto bersama Kacabdis dinas Pemrop Kepri di Batam,Nor Muhammad (baju dan celana coklat ) (nik).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMKS untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) pada KKNI.

USK ini dilaksanakan di akhir masa studi, salah satunya yang menguji di Kota Batam bahkan di Kepri adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMKS Kartini Batam. Yang sudah terakreditasi bersama mitra dunia usaha atau industri.

Bacaan Lainnya

Hasil USK ini bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil USK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. Kata Mujiono S.Pd, M.M selaku Kepala SMK Kartini Batam, Selasa (7/3/2023) di ruangan kantornya.

Lanjut Mujiono, SMK Kartini Batam akan berencana membuka jurusan baru yakni Desain Komunikasi Visual (DKV). DKV inj merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual.

“Untuk menambah konsentrasi keahlian SMK pada Kurikulum Merdeka saat ini, maka program keahlian itu rencananya kita akan buka untuk tahun pelajaran berikutnya. Moga hal ini secepatnya terwujud,” harapnya.

251 asesi SMK Kartini Batam saat acara pembukaan USK oleh Kacabdis dinas propinsi Kepri di Batam. (Nk)

Kemudian, Ketua / Direktur LSP SMK Kartini Batam, Drs. Yusman Johar, M.Pd , pelaksanaan USK di SMK Kartini Batam bersama LSP SMK Kartini Batam (BNSP LSP 505 ID). USK ini diikuti sebanyak 251 siswa atau asesi yang terdiri dari 5 skema uji, pertama skema KKNI Level II Akuntansi dan Keuangan Lembaga diikuti 60 asesi.

Kedua, skema KKNI Level II Teknik Pemesinan 55 asesi, Ketiga, skema KKNI Level II Multimedia 85 asesi dan keempat kema KKNI Level II Teknik Kendaraan Ringan 32 Asesi serra yang terakhir adalah skema KKNI Nasional Keperawatan Kesehatan 19 asesi.

Tanda dimulainya USK,
Kacabdis Nor Muhammad kalungkan badge peserta kepada perwakilan asesi.(Nk).

Adapun asesor yang bertugas di SMK Kartini yaitu, Dartisah, Yanti Devita dan Ike Handayani Sinaga untuk Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sedangkan asesor untuk Multimedia adalah Widiyono, Hari Mulyadi, Laila Limariantika dan Aga Aprayoga.

Sementara, Defwarman dan Kiki Krista Eri untuk Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Kemudian asesor untuk Teknik Pemesinan Manombol Siregar dan untuk asesor Keperawatan Kesehatan, Nur Eliza dan Rini Susanti

Lanjut Yusman Johar bahwa, kegiatan Uji Sertifikasi Kompensi ini adalah kegiatan rutin dilaksanakan oleh LSP SMK Kartini, yang pada saat ini sudah tahun ke 8 berkontribusi dalam percepatan Sertifikasi Kompetensi calon tenaga kerja.

Saat ini LSP ini memiliki 30 SMK Jejaring di 3 kabupaten kota yang ada di Kepri yakni di Tanjung Pinang 2 SMK Jejaring, Bintan 1 SMK Jejaring, Tanjung Balai Karimun 3 SMK Jejaring dan 24 SMK Jejaring yang ada di Kota Batam. Ungkap Yusman Johar yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Batam (Uniba). (Nik).

Editor : Novi

 

 

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.