Wisata Rohani Via Crucis Sukamoro Hadir Di Palembang

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,PALEMBANG -Via Crucis Sukamoro merupakan tempat wisata rohani baru bagi warga kota Palembang secara khusus umat Kristiani, yang terletak di Desa Sukamoro Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Bayuasin Sumatera Selatan.

Pantauan dilokasi, para pengunjung yang hadir ditempat tersebut banyak melakukan missa dan berdoa serta tidak lupa juga menyembatkan diri untuk berfoto.

Read More

Via Crucis berasal dari bahasa Latin yang berarti jalan salib. Tempat ini baru diberkati pada tanggal 12 Desember 2021 oleh Mgr.Yohanes Harun Yuwono,  Uskup Agung  Keuskupan Agung Palembang , dan juga oleh Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Emeritus Uskup Agung Keuskupan Agung Palembang.

Memasuki Jalan salib dilokasi itu sangat indah, gerbang batu yang tampak berdiri kokoh dengan puluhan anak tangga ornamen bangunan Romawi. Diatas gerbang batu tersebut ada dua patung malaikat berdiri dibagian kiri dan kanan yang mengapit tulisan ” Via Crucis Sukamoro” berwarna merah.

Setelah memasuki gerbang utama para peziarah akan menapaki perhentian demi perhentian sebanyak 14 jalan salib.
1. Yesus dijatuhi hukuman mati
2. Yesus memanggul salib
3.  Yesus jatuh untuk pertama kalinya.
4.  Yesus berjumpa dengan ibunya
5. Yesus ditolong Simon dari Kirene
6. Wajah Yesus diusap oleh Veronika
7. Yesus jatuh untuk kedua kalinya
8. Yesus menghibur perempuan -perempuan yang menangisinya.
9. Yesus jatuh untuk ketiga kalinya
10. Pakaian Yesus ditanggalkan
11. Yesus disalibkan
12. Yesus wafat di kayu salib
13. Yesus diturunkan dari salib
14. Yesus dimakamkan.

Dalam keheningan para peziarah daoat menghadirkan kembali kisah Yesus menapaki Via Crucis.  Ayoo….jangan lewat kesempatan berziarah dan berdoa sambil berbagi kasih di lokasi ini. (***).

Editor : Nikson Juntak

Related posts