Rikes Seleksi CA Kompolnas RI Periode 2020-2024. Ini Penjelasan Brigjen Pol, Purwolelono, S.IK, MM

TELISIKNEWS.COM,JAKARTA – 24 calon anggota Kompolnas RI, periode 2020 – 2024 , dilakukan pemeriksaan kesehatannya dan  dipantau langsung oleh Kepala Sekretariat Kompolnas RI, Brigjen Pol, Purwolelono, S.IK, MM.

Bertempat di Klinik Tribrat, Jln Wijaya IX,nomor 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pemeriksaan Rikes berlangsung selama 2 hari, dimulai Rabu, 17 Juni –  Kamis,, 18 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan, kata Purwolelono, para peserta seleksi CA Kompolnas RI yang tiba di Poliklinik Tribrata, di arahkan oleh Panitia Seleksi untuk mengisi absen. Kemudian pemeriksaan di dalam ruangan yang sudah di tempati oleh tim dokter ahli.

“24 CA Kompolnas RI yang menjalani pemeriksaan kesehatan itu di bagi  menjadi 2 tim: tim A sebanyak 12 peserta dan tim B dengan 12 peserta,” ungkapnya.

Adapun rincian pelaksanaan rikes tersebut yakni,, pengisian formulir riwayat penyakit dan informed conset, auoto anamnesis, pemeriksaan fisik pria dan wanita, pemeriksaan foto toraks, pemeriksaan Treadmill tes, pemeriksaan USG Abdomen, pemeriksaan kesehatan jiwa, pemeriksaan laboratorium (urine lengkap, darah rutin, kimia darah ) dan pemeriksaan laboratorium tambah meliputi, narkotika dan obat-obatan, imuno serologis (HBs Ag, anti HIV dan VDRL), uji kehamilan untuk calon wanita.

“Pada prinsipnya, pelaksanaan rikes yang dijalani 24 CA Kompolnas RI ini, mengedepankan sistim bersih, transparan, akuntabes serta humanis. Pemeriksaan kesehatan bagi 24 CA Kompolnas, juga diawasi oleh pengawas internal, pengawas eksternal non medis dan konsultan pengawas eksternal medis Ikatan Dokter Inonesia (IDI) Pusat,” tutur Kepala Sekretariat Kompolnas RI, kepada Wartawan, Jumat (19/6/2020).

Foto 24 calon anggota Kompolnas RI, periode 2020 – 2024

Pelaksanaan pemeriskaan tahap ke-3, yang di ikuti oleh 24 peserta calon anggota Kompolnas RI, dari unsur Pakar Kepolisian dan Tokoh Masyarakat.

Dari unsur Pakar Kepolisian
1. Dr. Albertus Wahyurudhanto, MSi
2. Drs. Arief Wicaksono Sudi Utomo
3. Drs. Basuki, MM
4. Dr. Benny Jozua Mamoto, SH
5. Drs. Didik Tatok Prijandono
6. Drs. Eko Hadi Sutendjo, SH, MSi
7. Dr. Genoveva Ambar Wulan T, M.Hum
8. Dr. Ilham Prisgunanto, SS, MSi
9. Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM
10. Dr. Rachmat Setiawan, SH, MH
11. Dr. Supardi Hamid, MSi
12. Dr. Sutrisno, MSi

Dari unsur Tokoh Masyarakat:

1. Dr. Drs. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH
2. Dr. Emrus, MS
3. Dr. Hamidah Abdurrachman, SH, MH
4. Junaedi Saibi, SH, MSI, LLM
5. Mohammad Dawam, SHI, MH
6. Muhammad Khoirul Anwar, S.Sos, MSi
7. Poengky Indarti, SH, LLM
8. Dr. Ranthy Pancasasti, S.Kom, MM, MSi
9. Sri Nurherawati, SH
10. Dr. Syamsuddin Radjab, SH, MH
11. Yosep Adi Prasetyo
12. Yusuf, S.Ag, MH.

Selain itu, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjen Pol DR, dr Dusdianto,MM,M.Si, DFM, melalui Kabid Kesmapta Poliklinik Tribrata, Kombes Pol, Dr, Didiet, SP. THT- KL, DFM, menjelaskan, tahapan pemeriksaan kesehatan yang berlangsung pada Rabu (17/6/2020) berupa pengambilan sampel darah dan urine kepada peserta seleksi CA Kompolnas dari tim A dan B di lantai 2 klinik spesialis Tribrata.

Khusus peserta di tim A menjalani wawancara kejiwaan di lantai 3. Sedangkan peserta dari tim B, menjalani rikes treadmill, rongen,toraks dan USG Abdomen lantai 1 klinik Tribrata.

“Rikes tim B, berupa pemeriksaan gigi, mulut, mata, fisik umum (THT, komposisi tubuh, tensi dan nadi),”kata Kabid Kesmapta Poliklinik Tribrata. (Ri)

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.