Dua Tahun Vakum Karena Covid 19, PSSSI Batam Timur Gelar Pesta Bona Tahun

Rapat terakhir panitia pesta dan BPH PSSSi Batam Timur, Kamis (17/3/2022) malam di Bengkong. (ist).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Bagi orang Batak pasti tidak asing dengan Pesta Bona Taon. Kegiatan ini biasanya di gelar di bulan -bulan awal setiap tahun yang baru. Dua tahun vakum tidak dapat melaksanakan giat ini karena situasi pandemi Covid 19.

Pesta Bona Taon ini biasa digelar berdasarkan keturunan (pomparan), marga atau sekadar komunitas Batak yang berada di perantauan, apakah itu dalam negeri maupun luar negeri.

Bacaan Lainnya

Kali ini Perkumpulan Simanjuntak Sitolu Sasa Ina (PSSSI ) Boru dan Bere se-Batam Timur, akan melaksanakan Pesta Bona Taon pada hari Minggu, 20 Maret 2022 di Pujasera Golden Beach Kecamatan Bengkong.

PSSSI Batam Timur memiliki anggota sekitar 750 Kepala Keluarga dan paling banyak dari 7 wilayah PSSSI yang ada di Kota Batam.

Dalam kegiatan Pesta Bona Taon tersebut akan dilakukan berbagai rangkain acara, dan yang pasti Kebaktian akan mengawali dengan pengkotbah yaitu: DR. Pdt. Herbin Simanjuntak S.Th.M.Th.

Pengurus BPH mengajak seluruh anggota agar hadir dalam kegiatan tersebut, untuk berdoa dan mengucap syukur pada Tuhan atas segala penyertaan dalam setiap perjalanan hidup ciptaanya.

Hal yang sama juga disambut baik Ketua Umum PSSSI Kota Batam, Wadison Petrus Simanjuntak S.Pd.K dan menyampaikan bahwa, kegiatan Pesta Bona Taon ini harus digelar untuk selalu mengucap syukur pada Tuhan.

“Kita harus mengucap syukur pada Tuhan agar semua apa yang kita kerjakan selama satu tahun itu supaya diberkati,’ ucapnya, Jumat (18/3/2022).

Lalu apa makna Pesta Bona Taon, bagi orang Batak?

Menurut sebuah literatur, Bona Taon diantaranya acap menjadi reuni dan ajang nostalgia yang mengharukan antar orang-orang yang merasa bertalian darah namun karena keadaan sangat jarang dapat bersua.

Masih menurut sumber yang sama, alam Pesta Bona Taon, komunitas Batak khususnya yang beragama Kristen, diajak untuk menyatukan doa.

Bersyukur atas berkat yang telah diberikan, berdoa memohonkan perlindungan dan penyertaan, dan membaharui ketaatan kepada firman-Nya.

Melalui kebaktian Bona Taon ini orang-orang Batak Kristen itu mengaku bahwa hidupnya sangat tergantung kepada belas kasihan dan kemurahan Tuhan Yang Maha Esa, bukan kepada kehebatan dan kepintaran dirinya.

Sebab, bagi mereka, apapun yang hendak dilakukannya di tahun yang baru ini tidak akan berhasil jika tidak disertai dan diberkati Allah.

Karena itu acara Bona Taon bagi komunitas Batak Kristen memiliki makna spiritual yang sangat dalam, yaitu sebagai suatu ritus pemulihan dan penyegaran iman bersama.

 

Penulis : Novi Stevani
Editor : Nikson Juntak

 

 

 

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.