Caleg PAN Lapor ke Bawaslu, Indikasi Pemindahan Suara Partai kepada Caleg YK

TELISIKNEWS.COM, BATAM – H Syamsuri, Calon Legislatif (Caleg) nomor urut 4 dari Partai Amanat Nasional, Dapil IV Provinsi Kepri, yang meliputi: Batam Kota, Lubuk baja, Bengkong dan Batuampar, melaporkan adanya pemindahan suara partai kepada seorang Caleg berinisial YK.

Syamsuri didampingi pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Selatan (IKBSS) Kota Batam, datang ke kantor Bawaslu dan membuat laporan, Jumat (10/5/2019) sore.

Bacaan Lainnya

Laporan tersebut disampaikan langsung ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam, dengan menyertakan sejumlah barang bukti.

“Ini benar -benar merugikan saya, adanya pemindahan suara partai ke suara Caleg nomor 10 atas nama YK,” kata H Syamsuri ke awak media, usai memberikan laporan di kantor Bawaslu kota Batam.

Suara yang berpindah sebanyak 200 suara. Dimana awalnya suara partai sebanyak 408, kemudian dalam perjalanan berubah dan tinggal hanya 208 suara saja.

Bahwa proses pemindahan suara tersebut terjadi pada form DAA1 ke DA1 di Kelurahan Belian, Batam Kota. Dimana pada DAA1 suara Caleg YK hanya 1.328, kemudian pada DA1 berubah menjadi 1 528 suara.

“Suara partai di kelurahan Belian berkurang 200 suara dan suara Caleg YK naik menjadi 1528 suara karena terjadi pemindahan,” tutur Syamsuri.

Pemindahan suara tersebut, lanjut Syamsuri diduga dilakukan oleh oknum Petugas Pemihan Kecamatan (PPK) setempat, pada saat Pleno Kamis, 9 Mei lalu.

Selain melaporkan dugaan kecurangan tersebut, H Syamsuri juga membawa dua saksi, serta form DAA1, Teli dan DA1. Hal itu untuk memperkuat laporan yang disampaikan ke Bawaslu Batam.

Sementara, Ketua Bawaslu Batam, Muhammad Reza Syailendra mengakui bahwa adanya menerima laporan dari seorang terkait dugaan pemindahan suara.

“Kami telah menerima laporan yang dimaksud, karena sifatnya siapapun yang datang melapor asalkan berkaitan dengan pemilu akan diterima dan dipelajari,” tegas Reza.

Nikson Juntak

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.