Tidak Dilengkapi Dokumen Karantina Kesehatan, 12 WN India Diamankan Polairud Polda Kepri

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Sebanyak 12 orang anak buah kapal (ABK) berwarga negara India diamankan oleh Polairud Polda Kepri di pelabuhan Makobar Batuampar Kota Batam.

Ke-12 ABK kapal MT Ocean Neptune tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen karantina kesehatan.

Read More

“12 WN asal India ini merupakan ABK MT Ocean Neptune. Status kapal lego jangkar di Perairan Batuampar, Kota Batam,” kata Dirpolairud Polda Kepri, Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom, Senin (02/08/2021).

Mereka diamankan di Pelabuhan Makobar, Batuampar saat melakukan pergantian ABK pada Jumat (30/07 /2021) lalu.
“Alasan mereka menuju Hotel Harris Batam Centre, Batam karena perusahaan dari Kapal MT Ocean Neptune mengalami kebangkrutan dan ABK Kapal MT Ocean Neptune akan pulang ke negara asal India serta sudah tidak bekerja lagi di MT Ocean Neptune,” ujarnya.

Para ABK itu diantara menggunakan kapal berbendera Singapura dari Malaysia. “WN India tersebut tidak dapat menunjukkan sertifikat kesehatan dan rekomendasi perjalanan. Setelah dilakukan pemeriksaan, kita serahkan WN India tersebut ke Karantina Kesehatan Pelabuhan untuk melakukan RT-PCR dan menjalani karantina,” tuturnya.

Diterangkan Kombes Gultom, untuk tahapan selanjutnya, ke-12 WN India tersebut nantinya akan dipulangkan ke negara asal. Namun sebelum diekstradisi ke India, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi terkait dokumen keimigrasian.

“Dari hasil pemeriksaan RT-PCR semuanya negatif. Saat ini sedang dilakukan isolasi mandiri di salah satu hotel, Kota Batam dan pada Sabtu (07/08/2021) mendatang semuanya akan dipulangkan kembali ke India,” pungkasnya.

 

Editor : Nikson Juntak

 

Related posts