Lukas Enembe, Eks Gubernur Papua Meninggal Dunia

Foto Lukas Enembe (int)

TELISIKNEWS.COM,JAKARTA -Kabar mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe meninggal dunia hari ini, Selasa 26 Desember 2023 di RSP Garot Soebroto, Jakarta. Ia menghembuskan napas terakhir pukul 10.45 WIB, pagi.

“Iya betul (Lukas Enembe meninggal) pukul 10.45 WIB di Jakarta, RSPAD Gatot Soebroto,” kata Irjen Mathius dikutip dari detiknews.

Bacaan Lainnya

Lukas wafat saat tengah menjalani proses hukum terkait kasus suap dan gratifikasi puluhan miliar rupiah. Dan Lukas Enembe dijatuhi hukuman 8 tahun penjara.

Namun, hukuman Lukas diperberat Pengadialan Tinggi Jakarta menjadi 10 tahun. Lukas pun melawan putusan tersebut dan mengajukan kasasi.

“Kami akan kasasi karena beliau dihukum tanpa pertimbangan hukum yang jelas,” kata pengacara Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, kepada wartawan, Kamis (7/12).

Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Papua, Lukas Enembe lahir di Mamit, sebuah daerah di Distrik Kembu, Kabupaten Tolikara, Papua. Ia lahir pada tanggal 27 Juli 1967.

Lukas memulai perjalanan kariernya di pemerintahan sejak tahun 1996. Saat itu, ia menjadi CPNS di Kantor Sospol hingga PNS di tahun 1997.

Kemudian pada tahun 2005, Lukas menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Puncak Jaya. Lukas selanjutnya mengemban jabatan sebagai Gubernur Papua selama 10 tahun, yakni sejak tahun 2013 hingga 2023.

Editor : Nikson Juntak
Sumber : detiknews

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.