149 Warga Binaan Lapas Perempuan Batam Ikut Memilih di Pemilu 2024

Foto bersama pegawai Lapas dan anggota kepolisian saat pemilu 14 Pebruari 2024 di Lapas Perempuan Batam (ist).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Sebanyak 149 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIB Batam Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau ikut menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos pada pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Lapas Perempuan Batam yang ikut memilih caleg dan Pilpres tahun 2024 ini, mereka memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), lebih dan terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 117 orang WBP, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 32 orang WBP.

Bacaan Lainnya

“Di Lapas Perempuan Batam ada satu TPS yakni TPS 901. Pemilih ada 117 DPT dan 32 DPTB sehingga total pemilih 149 warga binaan,” tutur Kalapas Perempuan Batam, Nebi Viarleni A.Md, I.P, SH, MH, Kamis (15/2/2024) sore pada Telisiknews.com.

Kalapas Nebi saat pencoblosan hadir langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus 901 tersebut, dan menyampaikan bahwa pihaknya sudah bekerja keras agar WBP dapat menyalurkan suaranya.

Kota suara KPU di lapas perempuan Batam pemilu 14 Pebruari 2024 list).

“Kami sudah siapkan segala sesuatunya agar pemilu ini berjalan dengan baik, dari pengamanan dan juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait pemenuhan syarat mengikuti pemilu bagi WBP,” ujarnya.

Kepala Lapas, Nebi mengatakan, kegiatan pencoblosan ini merupakan bentuk partisipasi dan kontribusi WBP dan petugas Lapas dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Dengan adanya pencoblosan ini, dihqrapkan WBP dapat merasakan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demokratis. Kami juga berharap Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan damai,” harapanya.

Nebi menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga netralitas dan tidak mengintervensi pilihan dari warga binaan yang melakukan pencoblosan.

“Karena, pelaksanaan pemilu merupakan kesempatan bagi warga binaan untuk memenuhi hak demokrasinya dengan menyalurkan suara sesuai dengan pilihannya sendiri tanpa adanya tekanan dari pihak lain,” pungkasnya.(Nik).

Editor : Novi

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.