DPW Partai NasDem Kepri Membuka Penjaringan untuk Pilkada, Ini Jadwalnya

Ketua Tim Penjaringan DPW Partai NasDem Kepri, dr Afrizal Tengku Dahlan . (Foto Istimewa).

TELISIKNEWS.COM,BATAM -Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kepulauan Riau (Kepri) membuka pendaftaran untuk penjaringan bakal calon (Bacalon) kepala daerah hingga tanggal 11 Mei mendatang.

Ketua Tim Penjaringan DPW Partai NasDem dokter Teuku Afrizal Dachlan menyampaikan persiapan tahapan sudah mulai dan berjalan di DPD yang ada di Provinsi Kepri.

Bacaan Lainnya

DPP Partai NasDem sudah mengeluarkan aturan bahwa setiap provinsi membentuk tim penjaringan. Secara serentak di nasional, tim penjaringan ini sudah bekerja, dan membuka pendaftaran bacalon di Pilkada mendatang.

“Termasuk Provinsi Kepulauan Riau. Dan saya diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua penjaringan,”kata Afrizal Dahlan, Kamis (9/5/2024) di Kantor Sekretariat DPW Partai Nasdem Provinsi Kepri.

Diterangkan Afrizal, untuk tingkat daerah, dibentuk tim penjaringan, tim verifikasi, dan tim penetapan bakal calon.

Dari tanggal 1-7 Mei sudah membuka penjaringan. Khusus untuk Batam diberikan perpanjangan pendaftaran hingga 11 Mei mendatang. Sementara enam kabupaten/kota seperti Tanjung Pinang, Karimun, Anambas, Natuna, Lingga dan Bintan sudah selesai.

Setelah penjaringan dan verifikasi dilakukan, masing- masing DPD melakukan rapat pleno, kecuali Batam.

“Alhamdulillah untuk Kota Batam sudah mendaftar beberapa kandidat bakal calon. Dan mereka sudah mengambil formulir pendaftaran, mungkin besok atau lusa sudah mengembalikan formulir tersebut,”sebutnya.


Ia menambahkan untuk tingkat provinsi juga dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran hingga tanggal 11 Mei atau sama dengan pendaftaran di DPD Partai NasDem Batam.

“Beberapa figur sudah mendaftar dan mengambil formulir. Termasuk Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Kepri Muhammad Rudi. Hal yang sama juga untuk kabupaten dan kota lain. Sudah terjaring bacalon,” tuturnya.

Diterangkan Afrizal bahwa, NasDem baru memulai membuka penjaringan bakal calon kaepala darrah karena sebelumnya harus menunggu petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis dari DPP di pusat.

“Setelah instruksi itu turun, maka kita langsung bentuk tim penjaringan untuk memproses tahapannya,” ungkap Wakil Ketua III aktif DPRD Propinsi Kepri Ini.

Prosss penjaringan ini terbuka untuk calon -calon kepala daerah yang berpotensi dan berminat untuk mengikuti proses pilkada tanpa di pungut biaya, karena NasDem tanpa mahar.

Ia menambahkan untuk hasil semua proses penjaringan di tingkat DPD dan DPW akan diumumkan, dan dilanjutkan ke DPP untuk ditindaklanjuti tanggal 15 Mei mendatang.

“Kita akan memplenokan pada tanggal 11 sampai 13 Mei 2024. Selanjutnya, hasil pleno dari 7 kabupaten kota dan propinsi itu akan kami diserahkan ke DPP pada tanggal 15 Mei 2024,”tutur dokter Afrizal.

Proses selanjuntnya, para bacalon kepala daerah diadakan psikotes, test wawasan kebangsaan dan test wawancara, yang semuanya itu dilakukan di DPP Partai NasDem.

Kemudian, bagi calon -calon kepala daerah yang dapat rekomendasi, pada awal Agustus 2024 harus mengikuti sekolah calon kepala daerah di DPP Partai NasDem Jakarta. Dari hasil ini, pada tanggal 1 sampai 6 Agustus akan di keluarkan surat keputusan calon kepala daerah.

‘Jadi pada tanggal 1 sampai 6 Agustus 2024, keluar SK bagi calon -calon kepala daerah. Dari SK itulah untuk mendaptar sebagai partai pengusung,”ungkap Tengku Afrizal Dahlan.

Sumber untuk figur berasal dari internal maupun eksternal. Pihaknya akan objektif dengan berbagai pertimbangan dari bacalon. Untuk koalisi masih terus dijalin antar partai politik. Ia berharap Partai NasDem bisa mengusung kader internal dan menang dalam Pilkada mendatang.

“Pak Amsakar belum ada. Untuk yang Batam, kami menunggu. Untuk itu diperpanjangwaktu pendaftarannya,” ungkap Afrizal.

Untuk menyongsong Pilkada 2024 ini, kata Afrizal, apabila tidak ada nanti perubahan akan diselenggarakan 27 November mendatang. Dan berharap Partai NasDem mampu mempertahankan dominasi di Provinsi Kepri. Pintanya. (Nik).

Editor : Novi

.

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.