Firli Revisi Surat Pengunduran Diri dari KPK ke Presiden Jokowi

Foto Firli Bahuri (int)

TELISIKNEWS.COM,JAKARTA- Kembali mengajukan surat pengunduran diri Firli Bahuri dari KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat tersebut disampaikan melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) setelah diperbaiki.

Firli sebelumnya mendapat informasi terkait surat pengunduran dirinya tidak bisa diproses pada Jumat (22/12/2023). Dia mengatakan pertimbangan surat tersebut tidak diproses karena tidak sesuai dengan ketentuan yang ada dalam UU KPK.

Bacaan Lainnya

“Pada hari Jumat tanggal 22 Desember 2023 pukul 18.35 WIB, saya menerima surat jawaban dari Mensesneg tentang tanggapan atas pemberitahuan berhenti dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2019-2024, yang intinya menyampaikan bahwa permohonan saya kepada Presiden RI untuk memproses pemberhentian dengan hormat dari jabatan Ketua KPK masa jabatan 2019-2024 tidak dapat diproses mengingat pemberitahuan/pernyataan berhenti bukan merupakan salah satu syarat pemberhentian Pimpinan KPK,” kata Firli dalam keterangan tertulis, Senin (26/12/2023).

Kemudian Firli Bahuri merevisi surat pengunduran diri tersebut. Dia menghapus pernyataan ‘berhenti’ yang ada di surat sebelumnya.

“Saya melakukan perbaikan atas surat saya dan saya menyatakan bahwa mengundurkan diri sebagai Pimpinan KPK (Ketua merangkap anggota komisi pemberantasan korupsi),” kata Firli.

Firli mengatakan surat perbaikan tersebut dikirimkan pada Sabtu (23/12/2023) sehari setelah Istana menyampaikan tak bisa memproses surat Firli sebelumnya. Firli menyebut saat ini dia menunggu keputusan Presiden Jokowi.

“Adapun surat pengunduran diri saya dari pimpinan KPK (ketua merangkap anggota) telah saya sampaikan kepada Mensesneg Pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023. Selanjutnya saya menunggu arahan dan keputusan Presiden,” ungkapnya.

Selanjutnya, Firli berharap revisi surat permohonan pemberhentian tersebut bisa diproses sesuai dengan aturan yang ada.

“Saya berharap dengan surat pengunduran diri saya, proses pemberhentian saya sebagai Pimpinan KPK (Ketua merangkap anggota) dapat berjalan lancar karena pengunduran diri saya telah saya sesuaikan dengan ketentuan Pasal 32 UU 30/2002 terkait syarat pemberhentian pimpinan KPK,” ujarnya.

Kemensetneg membenarkan telah menerima lagi surat pengunduran diri Firli Bahuri dari KPK. Surat itu kini sedang diproses.

” Sabtu sore, tanggal 23 Desember 2023, Kemensetneg telah menerima surat dari Bapak Firli Bahuri kepada Presiden, tertanggal 22 Desember 2023, yang menyampaikan permohonan pengunduran diri yang bersangkutan sebagai Ketua dan Pimpinan KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

“Surat tersebut tengah diproses mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ubgkap Ari.

Editor : Nikson Juntak

Sumber : detiknews.com

Pos terkait