Nizhamul Ditunjuk Mendagri Jadi Pj Bupati Batu Bara Sumatera Utara

Foto Nizhamul SE MM (int)

TELISIKNEWS.COM,BATUBARA – Kementerian Dalam Negeri menunjuk Nizhamul SE MM sebagai Penjabat Bupati Batu Bara, Provinsi Sumatra Utara.

Sebelumnya Nizhamul SE MM alias Among, mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau ini, dipercaya sebagai Kepala Biro (Karo) Perencanaan dan Organisasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan,setelah berhasil lulus seleksi Jabatan Tinggi Pratama (JTP) di Kemenko Polhukam.

Bacaan Lainnya

Kini, Nizhamul kembali dipercaya, dalam surat keputusan, Mendagri meminta Pj Bupati selama melaksanakan tugas sebagai Penjabat Bupati harus tetap menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama.

Memiliki hak keuangan dan hak protokoler yang setara dengan kepala daerah definitif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan mempunyai tugas, kewenangan, kewajiban, dan larangan yang sama dengan tugas, wewenang, kewajiban, dan larangan Bupati sesuai dengan ketentuan peran mengenai pemerintahan daerah.

Kemudian, dalam melakukan tugas dan wewenang sebagaimana dimaksud dilarang melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai, membatalkan perizinan yang dikeluarkan pejabat sebelum dan/atau mengeluarkan perizinan yang berbeda dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya.

Selanjutnya, dilarang membuat kebijakan pemekaran daerah, membuat kebijakan yang berbeda dengan program pembangunan pejabat sebelumnya. Larangan sebagaimana dimaksud  dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Kemudian, Pj Bupati memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dan Pilkada di Kabupaten Batu Bara Tahun 2024 serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara, dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur paling sedikit 3 (tiga) bulan sekali.

Untuk diketahui, masa jabatan Bupati Batu Bara Zahir akan berakhir pada 27 Desember mendatang ini.

Bupati Batu Bara, Zahir merupakan politisi PDI Perjuangan berpasangan dengan politisi Partai Gerindra H. Oky Iqbal Frima, yang beberapa waktu lalu mengundurkan diri karena maju sebagai caleg. Selanjutnya jabatan PJ Bupati akan diemban oleh Nizhamul yang juga mantan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau.

Editor : Nikson Juntak
Sumber : Beritasatu.com

Pos terkait