Bawa Bawang Ilegal dari Malaysia, Lanal Dumai Tangkap Kapal KM Aulia Jaya

TELISIKNEWS.COM, DUMAI – Danlanal Dumai Kolonel Laut Yose Aldino memberikan penjelasan terkait penangkapan Kapal KM Aulia Jaya GT.07, yang membawa muatan Bawang Merah ilegal dari Malaysia.

Dalam pelaksanaan press release tersebut, Yose Aldino menyampaikan bahwa, pangkalan TNI AL Dumai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan +- 300 kampit Bawang Merah asal Malaysia yang membawa menggunakan KM.Aulia Jaya GT.07, Jumat 31 Agustus 2018 pukul 10.00 Wib di Sungai Api -api Kabupaten Bengkalis.

Bacaan Lainnya

Adanya informasi tersebut langsung ditindak lanjuti dengan membagi 2 tim yaitu : tim darat dan tim laut yang terdiri dari unsur patroli Sea Rider 1 dan Sea Rider 2 dan melakukan penyisiran dan pencegatan di perairan Api -api Selat Bengkalis.

Tim darat menemukan satu unit kapal yang sandar bermuatan 300 kampit bawang merah asal Malaysia yang tidak di lengkapi dokumen yang sah. Saat pemeriksaan ABK tidak ada di tempat diduga kapal sengaja di tinggal karena mengetahui kedatangan petugas patroli Lanal Dumai.

Terkait proses hukum yang dikenakan berdasarkan Pasal 5 undang-undang RI nomor 16 tahun 1992 tentang : karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Untuk proses hukumnya sebelum di serahkan ke pihak Karantina, Lanal Dumai masih terus melaksanakan penyelidikan guna mengungkap siapa pemilik kapal dan pemilik muatan serta Nahkoda kapal  tersebut. Kata Kolonel Laut Yose Aldino, Senin (3/9/2018).

Hadir dalam pelaksanaan press release tersebut antara lain : Letkol Laut Saiful Simanjuntak Palaksa Lanal Dumai,
Perwira Staf dan perwakilan personel Lanal Dumai. (Yo)

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait