Dishub Riau Tutup Pelabuhan BSSR Upaya Cegah Corona

TELISIKNEWS.COM,BENGKALIS -Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis Riau menutup sementara pelabuhan Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru, Kecamatan Bantan guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease Nineteen (Covid-19).

Penutupan tersebut dilakukan mulai hari ini, Sabtu (21/3/2020). Belum diketahui kapan pelabuhan tersebut akan kembali dibuka untuk umum, yang pasti seluruh aktifitasnya hari ini tampak lumpuh mendadak.

Bacaan Lainnya

“Mulai hari ini aktifitas di pelabuhan BSSR Selat Baru ditutup sementara hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Sekretaris Dishub Bengkalis, Zul Asri ketika dikonfirmasi.

Ditutupnya pelabuhan BSSR merupakan instruksi dari Gubernur Riau nomor  80/SE/2020 serta surat edaran Bupati Bengkalis nomor :91/SE/2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan Corona Virus.

“Atas dasar ini dilakukan upaya penutupan akses masuknya orang dan barang dari luar negeri ke pelabuhan BSSR,” jelas Zul.

Penutupan tersebut juga telah disampaikan kepada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina pelabuhan dan UPT pelabuhan BSSR. Pelabuhan BSSR sendiri merupakan pelabuhan Internasional yang melayani rute perjalanan menggunakan kapal laut Muar-Bengkalis dan Malaka-Bengkalis.

“Dengan berat hati, untuk keamanan dan keselamatan maka kita tutup sementara,” jelasnya.

Dia menambahkan, sejak Mallaysia lockdown aktifitas kapal penumpang ke Bengkalis dihentikan sementara, akibatnya WNI yang ada di Negeri Jiran tersebut banyak yang pulang melalui pelabuhan BSSR.

“Langkah penutupan sementara waktu ini merupakan salah satu langkah diambil pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, apa lagi Malaysia merupakan salah satu negara yang saat ini yang juga terdampak virus corona tersebut,” tutupnya. (Juned)

Pos terkait