Uji Sertifikasi Kompetensi untuk Pemantapan Keahlian Bagi Siswa SMK Kartini Batam

Siswa -siswi peserta USK foto bersama dengan Kepsek SMK Kartini Batam, Mujiono (tengah). (Jo).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – SMK Kartini Batam termasuk salah satu sekolah swasta yang sangat gentol dalam mempersiapkan siswanya mengahadapi perkembangan kemajuan tehnologi. Buktinya, masa pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang untuk melaksanakan kegiatan pemantapan Uji Sertifikasi Kompetensi bagi siswanya.

Kepala Sekolah SMK Kartini Batam, Mujiono M.M mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat penting. Seperti diketahui salah satu mekanisme uji kompetensi pada SMK adalah melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Bacaan Lainnya

BNSP adalah lembaga independen yang dibentuk negara untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, BNSP memberikan lisensi kepada LSP untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi.

Proses pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan melalui LSP merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian karena siswa-siswi yang lulus dari SMK perlu mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bentuk pengakuan atas kompetensi yang dimiliki agar dapat bersaing di dunia kerja.

“Dengan adanya USK ini, membuktikan bahwa siswa- siswi SMK Kartini Batam sudah memiliki kompetensi sesuai dengan Kopetensi Keahliannya yang dibuktikan dengan adanya Sertifikat Kopetensi yang diakui secara nasional yang di keluarkan oleh BNSP Nasional melalui LSP P1 SMK Kartini Batam,” harapnya.

“Selain itu dengan berbekal sertifikasi Kopetensi tersebut, mereka diharapkan bisa bersaing dan memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif saat ini, baik di Kota Batam, Provinsi Kepri, maupun di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Mujiono S.Pd, M.M Rabu (30/3/2022) pagi.

Kata Mujiono lagi bahwa, siswa bisa diuji oleh Lembaga Sertifikasi yang Independen. Artinya bukan secara langsung oleh guru mata pelajaran ( mapel ). Karena para asesorn yang menguji berasal dari luar. Dan bagi siswa sendiri, ini merupakan ajang pembuktian kalau mereka benar- benar kompeten dibidangnya.

    Tim Assesor dan kepala sekolah SMK Kartini,Mujiono foto bersama (jo)

Kegiatan pemantapan USK ini dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu tanggal 29 -30 Maret 2022. Kegiatan pemantapan USK ini diikuti oleh Diikuti 97 siswa Skema Multimedia Level II dan 56 Siswa Skema Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dengan menurunkan 9 Asesor, 5 orang dari luar dan 4 orang Kartini. Tutur Mujiono.

Inilah jadwal dan materi yang diuji.
Hari pertama:
08.00 – 09.00 : Teori MLD
09.00 – 10.30 : Desain Grafis
10.30 – 12.00 ; Desain Grafis Percetakan
12.00 – 13.00 : Istirahat
13.00 – 15.30 : Animasi 2D

Hari ke dua
08.00 – 12.00 : Audio Video
12.00 – 13.00 : Istirahat
13.00 – 15.30  : umpan balik keputusan

Lanjut Mujiono, meskipun dilaksanakan masih suasana pandemi Covid-19, namun seluruh siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan pemantapan USK tersebut, karena mereka yakin bahwa untuk memperoleh hasil yang maksimal maka diperlukan usaha dan jerih payah dalam belajar.

“Anak didik kami sangat menyadari akan pentingnya Sertifikasi ini dilakukan, karna itu mereka sangat antusias dan semangat dalam mempersiapkan diri serta pelaksanaannya,” pungkas Mujiono. (Nikson).

Editor : A. Yunus.

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.