Tingkatkan Ketrampilan Siswa, SMKN 2 Karimun MoU dengan LSP Kartini Batam

  • Whatsapp
Para siswa SMKN 2 Karimun yang mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi (Istimewa).

TELISIKNEWS COM, KARIMUN – SMKN 2 Tanjung Balai Kabupaten Karimun Kepulauan Riau sedang membangun keunggulan bagi lulusannya sesuai kebutuhan industri. Hal ini dilakukan melalui pengembangan SMK dan lulusannya untuk dapat bersaing dalam dunia kerja di kawasan ekonomi khusus.

Untuk meningkatkan mutu dan keterampilan peserta anak didik, SMK Negeri 2 Tanjung Balai Karimun telah melakukan kerjasama dengan LSP Kartini Batam. Kerja sama tersebut direalisasikan dalam bentuk penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara kedua pihak dalam Uji Sertifikasi Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Sabtu (20/11/2021). Kata Supini, Kepala SMKN 2 Karimun kepada Telisiknews.com

Read More

Menurut Supini, saat ini membangun keunggulan bagi lulusan SMKN 2 Karimun yang komparatif dan kompetitif sesuai kebutuhan industri. Hal ini dilakukan melalui pengembangan SMK di kawasan ekonomi khusus. Bukan itu saja, SMKN2 Karimun juga sudah menjalankan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Dengan pengembangan di SMKN 2 Karimun, diharapkan dapat mengikuti alur globalisasi yang menuntut keunggulan. Bahkan SMKN Karimun sudah lama kerjasama link and macth antara dunia pendidikan, dunia usaha dan dunia industri. Wujud kerjasama, berkaitan dengan edukasi berbasis dunia kerja, produksi dan pembentukan karakter. Ujarnya.

Direktur LSP Kartini Batam, Yusman Johar M.Pd saat menyerahkan nota MoU pada Kepala SMKN 2 Karimun,Supini

Supini juga mengatakan, dalam melaksanakan dan mendukung program pengembangan SMK di kawasan ekonomi khusus, pihaknya tengah melakukan survey industri disejumlah kawasan yang ada di Karimun. Kemudian membangun jaringan networking dengan industri.

“Kami berupaya membangun sinkronisasi kurikulum sekolah dengan Industri. Melakukan pemetaan analisis profil kompetensi tamatan yang sesuai kebutuhan industry, baik sikap, pengetahuan maupun ketrampilan,” papar Supini.

Dengan adanya perjanjian kerja sama ini, Supini berharap selanjutnya ada pengembangan SDM yang tersertifikasi industry. Dengan demikian, akan terjadi keterserapan tamatan di industri.

Kemudian, Supini juga menekankan bahwa, adanya MoU bersama LSP Kartini Batam mampu memotivasi semua siswa dan guru dalam bersaing untuk meningkatkan kompetensi masing-masing bidang, dan mampu berwawasan industri secara global. Paparnya.

Sementara, Yusman Johar M.Pd selaku Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Kartini Batam menerangkan bahwa, SMK N 2 Karimun adalah SMK jejaring ke 24 untuk uji sertifikasi kompetensi akuntansi dan keuangan lembaga.

“Kita akan melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi pada tanggal 26-27 Maret 2022 nanti  di SMKN2 Karimun, dan MoU terlaksana pada Sabtu ,20 Nopember 2021,” tutur Yusman Johar. (Nikson).

 

Editor : A Yunus.

 

 

Related posts

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.