Tega Fitnah Brigadir Yosua Hutabarat untuk Bela Ferdy Sambo, Akhirnya AKBP Jerry Siagian Dipecat

  • Whatsapp
Serelah menjalankan sidang kode etik, Sabtu (10/9/2022) sore, AKBP Jerry Siagian di Pecat dari Polri. (int).

TELISIKNEWS.COM, JAKARTA- Sidang kode etik AKBP Jerry Siagian memang berjalan dengan sangat panjang. Sidang ini dimulai dari keamarin Jumat (9/9/2022) dan baru selesai pada hari ini Sabtu (10/9/2022) sore.

Dalam amar putusan itu, AKBP Jerry Siagian akhirnya diberi sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) atau di pecat dari Polri. 

Read More

“Pemberhentian tidak dengan hormat sebagai anggota Polri,” demikian amar putusan hakim sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP), Sabtu (10/9/2022) sore yang disiarkan melalui Youtube Polri TV.

AKBP Jerry Siagian menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum) Polda Metro Jaya. 

Jerry Siagian merupakan satu dari lima Polisi yang sudah diberhentikan, karena termasuk menyokong skenario Ferdy Sambo dalam kematian Brigadir Yosua Hutabarat. 

Selain divonis pemecatan, AKBP Jerry Raimond Siagian juga dijatuhi sanksi adminisitratif berupa penempatan khusus (patsus) selama 29 hari, dari 11 Agustus – 9 September 2022 di Rutan Mako Brimob Polri.

“Perilaku pelanggar (AKBP Jerry Raimond Siagian) dinyatakan sebagai perbuatan tercela,” ucap hakim pimpinan sidang KKEP.

Selain itu, peran jahat AKBP Jerry Raimond Siagian di skenario Ferdy Sambo telah terkuak. Jerry Siagian ternyata mengambil alih kasus ini dengan maksud melancarkan skenario Ferdy Sambo. 

Ia dengan cepat meningkatkan laporan Ferdy Sambo soal pelecehan seksual dan percobaan pembunuhan ke penyidikan.

Setelah dirasa ada gelagat yang aneh, akhirnya Bareskrim Polri mengambil alih kasus ini dan menghentikan karena tidak ditemukan unsur pidana.

Bahkan, terungkap bahwa pelecehan seksual dan ancaman atau percobaan pembunuhan terhadap Putri Candrawathi oleh Brigadir Joshua hanya fiktif belaka, dan hanya karangan Ferdy Sambo untuk mengaburkan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua pada 8 Juli 2022.

“Menyangkut ketidakprofesionalan di dalam penanganan laporan polisi ya,” jelas Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Bukan hanya itu, AKBP Jerry Raimond Siagian juga melakukan intervensi terhadap Lembaga Perlindungan Korban dan Saksi (LPSK) agar Putri Candrawathi mendapat perlindungan sebagai korban dari LPSK.

Yang terakhir dan paling berat adalah AKBP Jerry Raimond Siagian menghilangkan barang bukti di TKP pembunuhan Brigadir Yosua.

Dengan putusan ini, maka setidaknya sudah ada lima anggota Polri yang mendapat sanksi pemberhentian tidak dengan hortmat (PTDH) atau pecat.

Maka dengan ini, terhitung sudah lima polisi yang dipecat yakni AKBP Jerry Raimond Siagian, Irjen Ferdy Sambo, Kombes Agus Nurpatria, Kompol Chuck Putranto, dan Kompol Baiquni Wibowo.

Semuanya turut membantu skenario Ferdy Sambo dalam pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat. (**).

Editor : Nikson Juntak

Related posts

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.