Sekolah Favorit Masih Diburu Siswa Di Batam, Ini Kata Kacabdis Nor Muhammad

  • Whatsapp
Kacabdis di Batam Nor Muhammad (nov).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Sekolah favorit masih menjadi incaran para calon siswa didik dan juga orang tua untuk tempat menuntut ilmu bagi anak -anaknya. Meskipun sistem zonasi telah diterapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara on line SMA /SMK Negeri, namun tampaknya masyarakat masih tetap memburu sekolah yang dianggap favorit. Misalnya, di SMA Negeri 3, SMAN 1, SMKN 1 dan 2 Kota Batam.

Dinas Pendidikan (Disdik) Propinsi Kepulauan Riau melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan di Batam Nor Muhammad menyampaikan bahwa, “sekolah di mana saja sama” dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMAN/SMKN tahun 2022 ini.

Read More

Disdik ingin mengubah persepsi publik soal sekolah. Karena selama ini kadang berkembang istilah sekolah favorit dan bukan favorit. Kenapa dikatakan sama, karena kurikulumnya sama dan guru -gurunya juga sama sesuai kebutuhan sekolah.

“Jadi saya menghimbau masyarakat agar tidak lagi mengejar sekolah yang katanya favorit karena semuanya sudah sama,” kata Nor Muhammad, Rabu (22/6/2022) pagi kepada Telisiknews.com.

Di Batam sendiri ada 28 SMAN dan 9 SMK Negeri. Dengan daya tampung untuk SMA Negeri sekitar 7000 lebih siswa dan untuk SMK Negeri sebanyak 4030 siswa dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun  2022/2023. Tutur Nor.

Kepala SMA Negeri 26 Batam Midiyanto menilai, ada persepsi yang keliru di masyarakat sehingga mereka masih mengejar sekolah favorit. Hal yang sama juga diungkapkan Kepsek SMAN 21 Batam Kasdianto.

 “Padahal spirit zonasi sebenarnya untuk memeratakan kualitas pendidikan agar tidak ada kesenjangan. Faktanya, masyarakat masih memburu sekolah favorit dan enggan menyekolahkan anaknya di sekolah terdekat dengan rumahnya,” ujarnya.

Untuk diketahui oleh masyarakat Batam, PPDB tahun ini untuk SMAN 3 Batam membutuhkan 7 rombongan belajar (rombel) plus 1 rombel bahasa.
1 rombel ada 36 siswa maka total daya tampung sebanyak 288 siswa.

Sementara, untuk SMAN 21 Batam ada 8 rombel x 36 dengan jumlah 288 siswa,  untuk SMAN 26 Batam RDT 8 rombel total 288 siswa. Sedangkan di SMAN 20 Batam rencananya ada 12 rombel dan SMKN 6 punggur Batam rencananya 12 rombel dengan jumlah 432 siswa. (Nik).

Editor : Novi

Related posts