Pisah Sambut, Pesan Praeses Distrik XX Kepri Pdt Renova Sitorus di Batam Center

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Acara pisah sambut Bibelvrouw Jelita Marpaung dengan Diakones Domika Silaban, Minggu (12/9/ 2021) mulai pukul 10.00 wib, di gereja HKBP persiapan Resort Batam Center.

Ibadah dipimpin langsung oleh Praeses Distrik XX Kepri, Pdt Renova Sitorus dan dihadiri pimpinan HKBP Resort Batam, Pdt Belman Hutahaean, Pdt Marudut Simanjuntak, Pdt SP Hutapea dan Sekretaris Distrik Pdt Sirait.

Read More

Dalam khotbah yang disampaikan oleh Pdt Renova Sitorus dari kitab Markus 8:31-38 mengatakan bahwa, mengikut Tuhan itu mudah namun hal itu bukan sesederhana yang manusia pikirkan. Bahwa mengikut Yesus itu penuh rintangan dan cobaan.

“Bahwa mengikut Tuhan Yesus itu mudah, namun itu bukan segampang yang kita pikirkan,”kata Renova dalam khotbahnya.

Yesus memberikan pemahaman kepada murid -muridnya, bahwa mengikut Yesus itu harus menderita bukan bersenang -senang. “Mesias Anak Allah harus menderita dan dibunuh?.

Mungkin ini adalah reaksi dari Petrus
menanggapi pernyataan Tuhan Yesus bahwa Dia akan menderita dan akan dibunuh oleh imam-imam kepala, tua-tua dan ahli-ahli taurat. Tuturnya.

Saat itu, lanjut Pdt Renova bahwa Petrus ingin menggagalkan rencana Tuhan dimana dia telah di kuasai oleh setan atau Iblis namun Tuhan sangat mengetahui hal itu dan digagalkan.

Jadi, siapa yang mau mengikut AKU tanpa ada unsur paksaan dan harus benar -benar meninggalkan hal -hal dunia.

Syarat untuk mengikutiNya, adalah: menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus. Syarat ini bukanlah paksaan, mau ikut atau tidak terserah kepada manusia (“Setiap orang yang mau mengikut Aku…”), sehingga mengikut Yesus harus ada keiklasan yang penuh.

“Syarat tersebut terlalu berat?. Keputusan ada pada kita, mau ikut Yesus atau tidak. Namun yang pasti bahwa kita sedang diperhadapkan pada pilihan antara kehidupan dan kehilangan hidup,” ungkap Renova Sitorus diakhir khotbahnya.

Selesai khotbah, acara pisah sambut dilanjutkan dengan membaca Surat Keputusan Penetapan Nomor: 73/ Bibelvrouw/SK/ V/2021, dimana Bibelvrouw Jelita Marpaung akan mutasi untuk melayani HKBP Panjang Resort Panjang Distrik 32 Bandar Lampung.

Praeses Distrik XX Kepri, Pdt Renova Sitorus dalam pesannya mengatakan, “walaupun ditempat yang baru tapi yang harus di ingat adalah bukan karena kenaikan jabatannya tapi intinya adalah seorang Bibelvrouw yang melaksanakan panggilan gereja untuk melayani”, ucapnya.

Lebih lanjut, Pendeta Renova Sitorus mengatakan kepada Diakones Domika Silaban, “selamat datang dan selamat melayani di gereja HKBP persiapan Ressort Batam Center”, yang sebelumnya membacakan Surat Keputusan/Ketetapan (SK) Ephorus HKBP DR.Robinson Butar -butar, yang tertuang dalam nomor: 61/ Diakones/SK /VI/2021. Ungkapnya.

Setelah itu, Bibelvrouw Jelita Marpaung dalam sambutanya menyampaikan banyak terima kasih pada jemaat HKBP persiapan Resort Batam Center. Menurutnya, selama hampir 9 tahun melayani banyak suka dan duka dirasakan namun hal itu dapat dilalui dengan baik.

Banyak berkat yang diterima dari Tuhan, dan selama melayani di gereja HKBP Batam Center. Semuanya itu karena kebaikan Tuhan sehingga mampu melayani dan bersama sama dengan jemaat HKBP Batam.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan selama sembilan tahun kurang melayani di HKBP Batam. Dan doakan saya agar mampu juga melayani di HKBP Panjang Resort Panjang Distrik 32 Bandar Lampung,’ kata Jelita.

Sementara Diakones Domika Siaban mengajak jemaat membangun pelayanan untuk kemuliaan nama Tuhan. Baginya, yang paling utama tidak ada orang hebat tanpa orang lain.

“Karena itu kami sangat memerlukan topangan jemaat untuk bekerja bersama-sama membangun jemaat ini,’ ajak Domika istri marga Panjaitan ini.

Akhir sambutan Diakones Domika Silaban ini mengucapkan terima kasih untuk sambutan dari seluruh jemaat HKBP persiapan Resort Batam Center.

Ibadah berlangsung dengan lancar dan baik, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Editor : Nikson Juntak

Related posts