Penasehat Hukum Terdakwa Kapten Kapal MT Arman 114 Berbendera Iran Minta KLHK Jangan Cawe -cawe

Fachrul Dalimunte didampingi rekanya Yahya saat memberikan keterangan pada awak media di Batam center (nik) .

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Penasehat hukum (PH) terdakwa kapten kapal MT Arman 114 berbendera Iran menyoroti soal kebijakan yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Yang mana sampai saat ini KLHK belum menyerahkan pasport dari 21 kru kapal tersebut.

“Dengan tegas meminta KLHK agar mengembalikan paspor 21 kru kapal MT Arman 114 kepada pihak yang berwenang yaitu imigrasi supaya segera melakukan deportasii. Kami juga meminta KLHK jangan ikut campur lagi atau jangan cawe -cawe, karena penyidikan sudah selesai dan sekarang kewenangan jaksa penuntut, dan sedang jalani sidang di PN Batam,” pinta Fachrul Dalimunte, penasehat hukum dari terdakwa Mahmoud Mohamed Abdelaziz Mohamed Hatiba (MMAMH), WNA Mesir.

Bacaan Lainnya

Menurut Fachrul bahwa selama ini menduga KLHK ikut campur terlalu jauh dan seolah -olah kewenangannya. Sementara kewenangan dari KLHK itu hanya penyidikan. Dan ketika berkas sudah lengkap, jangan ada lagi KLHK.

Namun faktanya, pasport -pasport masih dipegang oleh KLHK. Aturanya jelas mengatakan ketika penyidikan bagi warga negara asing, pertama harus notifikasi dulu kepada kedutaan, kementerian luar negeri dan imigrasi. Pasport nya kalau dia saksi diberikan pada imigrasi.

“Ini sejak awal sepengetahuan kami, tidak ada surat ke instansi-instansi ini bahkan pemberitahuan dan paspor ke Imigrasi. Sementara kasus sudah di sidangkan, kenapa KLHK.masih pegang pasport ?,’tanya Fachrul heran, Selasa (14/5/2024) di Batam center.

Banyak kebijakan yang dilakukan KLHK diluar dari tupoksinya. Seperti memberikan persetujuan 6 orang kru warga negara asing masuk ke kapal MT Arman 114.

KLHK ini memberikan izin, masuk kru dan ganti kru awak kapal asing ke kapal Arman.
Secara aturan, naik turun kru itu merupakan tanggungjawab dari Syahbandar bukan KLHK.

Dengan beraninya KLHK mengeluarin surat, yang rencananya mau masuk kapal Arman sejak 26 April 2024 lalu beruntung dilarang pihak pelabuhan. Sedangkan 6 awak kapal asing tersebut tidak memiliki izin kerja dari imigrasi.

“Terkait semua yang dilakukan oleh KLHK ini sudah kami suratin, namun satu pun surat tak ada yang di jawab mereka. Jadi sudahlah, serahkan kepada jaksa yang menuntut, jangan cawe -cawe lagi lah KLHK,” ujar Fachrul Dalimunte didampingi rekanjya Yahya S.H.

Untuk agen resmi dari kapal MT Arman 114 adalah PT. Victoty Internationql Service bernama Vandre Nugraha Winanda. Sedangkan agen Gass yang sebelumnya disebut tidak diketahui dari mana itu.

Inilah 21 nama Kru Kapal MT Arman 114 yang diinapkan di Hotel Grand Sydney yakni;

1. MOHAMMAD BADAWIEH.
2. BASSEL ALHAMMOUD.
3. MOHAMAD YAHIAH HAMIDEH.
4. MOHAMAD ANZO.
5. RABIA ALHESNI.
6. ABDUL RAHMAN YASSIN.
7. NAWAR ALJABAL.
8. MUHAMMED HANI HAMIDE.
9. HUSSAIN ALIBRAHIM.
10. MOHAMADLO UAE HAMIDA.
11. EYAD AKRA.
12. KAMAL ALMJAWER.
13. JALAL BAKKOUR.
14. MUHANNAD ALHAJEJ.
15. KHALED ABDULJALIL.
16. ZUHEIR ALMUHAZZAM.
17. ABDULLATIF YASSEN.
18. AHMED ELSAYED MAHMOUD MOHAMED.
19. AHMAD ALI.
20. ABDALRAHIM ZAKAREYA.
21. MOHAMAD NOUR ALHUSSAIN. (Nik).

Edotor : Novi

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.