Pargaolan Sigumpar Ephorus Emeritus Pdt.P.W.T Simanjuntak Dimakamkan

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Ephorus Emeritus Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak dimakamkan di makam keluarga di Pargaolan, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/6 /2021).

Sebelum pelepasan jenazah almarhum Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak dilakukan ibadah di HKBP Pargaolan, Resort Sigumpar, Distrik IV Toba yang dipimpin oleh kelima Pimpinan HKBP.

Bacaan Lainnya

Dalam ibadah tersebut riwayat pelayanan almarhum dibacakan oleh Wakabiro Personalia, Pdt. Jhon Edison Silitonga, S.Th, dan dilanjutkan dengan pemberian kata Sambutan.

St. M. Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas perhatian semua keluarga kepada HKBP Pargaolan dan pelayanan seluruh Pimpinan HKBP atas almarhum.

Sementara, Pdt. Marjabat Panjaitan, S.Th mewakili pelayan pensiun menerangkan kepemimpinan PWT Simanjuntak ketika menjabat sebagai Ephorus HKBP. Pesan-pesan almarhum semasa hidupnya menunjukan kerinduan beliau bagi kebaikan HKBP di masa yang akan datang.

Kemudian, Praeses HKBP Distrik IV Toba, Pdt. Julson Pasaribu, M.Th mewakili pelayan berterima kasih atas perhatian pemerintah Kabupaten Toba. Selain itu juga menyebutkan bahwa, Pdt. PWT Simanjuntak telah memperlihatkan ketokohannya di gereja, bangsa, dan negara melalui pelayanan almarhum semasa hidupnya. Beliau pernah menjabat pendeta Resort, Anggota MPRS/DPRS RI, Praeses, Dosen/Pembantu Ketua STT HKBP dan Ephorus HKBP di Periode 1992-1998

Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyebut semua Pimpinan HKBP turut berdukacita atas meninggalnya almarhum sebagai tokoh gereja, masyarakat, bangsa dan negara. Banyak keteladanan yang diberikan almarhum kepada hamba-hamba Tuhan. PWT Simanjuntak juga sebagai pelayan dan pemimpin yang melayani dengan ketulusan hati.

Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar memberi peneguhan kepada keluarga dari Firman Tuhan yang tertulis dalam Kitab Ayub 1: 21. Kita harus memuji Tuhan sebab lahir tokoh gereja HKBP dari Pargaolan. Pdt. Cirileus Simanjuntak, Praeses HKBP orang tua dari Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak lahir di Pargaolan.

Tuhanlah memberi hambaNya yang tulus hati bagi keluarga dan gerejaNya. Ia menjadi teladan bagi banyak orang. Keteguhan imannya luar biasa, ketika ia sakit juga dapat tersenyum. Ephorus menekankan kepada para pelayan agar meniru pelayanannya, cinta kasih pada gerejaNya dan kesetiaan kepada Tuhan. Jika Tuhan memberi, Tuhan juga mengambilnya. Semua orang juga harus kembali kepada Sang Pemilik. Tutur Robinson Butar -butar.

Ephorus bersama pelayan penuh waktu di Distrik VIII DKI Jakarta juga telah melayankan peneguhan kepada keluarga, pada hari Minggu (30/5/ 2021), ketika almarhum disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Jakarta.

Demikian juga anak-anak almarhum, Pdt. Dr. SAE Nababan mengadakan acara penghiburan kepada keluarga pada tanggal 31 Mei 2021 di tempat disemayamkan Pdt. Dr. PWT. Simanjuntak. Kehadiran mereka menunjukkan rekonsiliasi dan kesatuan telah utuh di HKBP. (Redaksi).

Sumber : HKBP.or.id

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.