Marlin Kecewa, Niat Membangun Pendidikan Dicekal,. Mulkansyah: Kadisdik Kepri Lupa Diri

Wagub Kepri, Marlin Agustina ( gi).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina mengeluhkan dan kecewa atas kebijakan dari Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, terkait dugaan pelarangan kunjungannya ke SMA/SMK yang ada di Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini disampaikan saat acara pasar sembako bersubsidi Pemko Batam di Pasar Aku Tahu, Seipanas, Rabu (8 /3/2023).

Menurut Marlin, dengan adanya kunjungan itu, Kepala Sekolah mendapatkan teguran dan sanksi apabila memberanikan diri menerima kunjungannya.

Bacaan Lainnya

“Niat saya membangun pendidikan dan memberikan edukasi pada anak -anak tingkat SMA/SMK sederajat. Saya juga Bunda se-Kota Batam, kasihan mereka
saat mendengar ada sanksi pemindahan. Alhamdulillah niat saya itu dicekal oleh Kadisdik,” kata Marlin Agustina.

Bukan itu saja, Marlin menyayangkan, kebijakan itu keluar dari instruksi Disdik Kepri, yang saat ini masih dijalankan oleh satuan pendidikan. Ia mengaku   kecewa dengan kebijakan yang diambil oleh Kadisdik Kepri. Sebelumnya ia pernah menjabat Sekretaris di Dinas Pendidikan (Disdik) Pemko Batam.

“Awalnya kita tahu Kadisdik Kepri itu dari Pemko Batam sebagai Sekdis. Namun kenyataan berbeda jauh dari yang diharapkan sebelumnya,” ujarnya.

Anehnya lagi, niat adanya rencana pembangunan SMA/SMK di Kota Batam yang telah diajukan sejak awal menjabat, itu pun tidak didukungnya.

“Saya ingin membangun sekolah di Batam namun tidak diizinkan oleh Kepala Dinas Provinsi Kepri,” tegasnya.

Kadisdik Kepri Lupa Diri

Menelusuri jejak Andi Agung yang mulai lupa diri setelah satu tahun dilantik menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik ) Kepri, tepatnya 17 Pebruari 2022 lalu di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Ketua  LSM RCW Kepri, Mulkansyah mengatakan bahwa karier Andi Agung terbilang biasa saja waktu menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Batam. Saat itu, jabatan di Disdik Kepri akan kosong karena Kadisdik lama masa persiapan pensiun.

Ketua LSM RCW, Mulkansyah (dok).

Dengan akan adanya kekosongan itu maka dicari lah pengganti untuk mengisi jabatan tersebut. Pertama ditawari pada Hendri Arulan selaku Kadisdik Kota Batam. Namun karena ia belum siap maka dicari nama lain oleh salah seorang anggota dewan Kepri itu untuk diajukan.

“Sebenarnya pertama ditawarin untuk mengisi jabatan Kadisdik Kepri itu adalah Hendri Arulan namun ia tidak siap, maka nama Andi Agung ini diajukan oleh anggota dewan Kepri tersebut,” tutur Mulkansyah, Kamis (9/3/2023) di Batam Center.

Kemudian, diterangkan Mulkansyah, anggota dewan tersebut menemui Walikota Batam dan mengusulkan Andi Agung. Walikota menyuruh Andi Agung untuk menemui anggota dewan itu.  Atas rekomendasi itu, Andi Agung izin ke anggota dewan tersebut dan menyampaikan bahwa ia disuruh pak walikota untuk bertemu dengannya.

Selanjutnya, anggota dewan itu menerima pertemuannya dengan Andi Agung dan menyampaikan, sudah siap jadi Kadisdik Kepri ?.Jawab Andi Agung, siap.

Maka anggota dewan itu meneruskan dan menemui Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk  membicarakan calon Kadisdik Kepri itu. Dan mengusulkan nama Andi Agung dimasukan berkasnya. Akhirnya di setujui menjadi Kadis Pendidikan Propinsi Kepri.

Kini, Andi Agung lupa akan dirinya siapa yang membawa hingga menjabat Kadisdik Kepri. Masak Wagub Kepri dijegal masuk ke SMA/SMK sederajat yang ada di Kepri ini. Sementara niatnya baik untuk edukasi siswa dan membangun pendidikan. Ungkap Mulkansyah.

Waktu itu namanya sudah tertera dalam pengumuman Open Bidding tersebut. Dari 3 nama tersebut yang lolos tahapan Administrasi yaitu, Darson, Andi Agung, serta Muhammad Yunus.

“Andi Agung ini datang ke Tanjung Pinang seperti bos besar. Ia dijemput dan di fasilitasi oleh anggota dewan tersebut. Kok bisa lupa akan hal itu ,” kata Mulkansyah.

Terkait kekecewaan Wagub Kepri dan hal ini, saat di konfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Andi Agung tidak memberikan tanggapan hingga berita ini ditayangkan ke publik. (Nk).

Editor ; Nov

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.