LSP SMK Kartini USK di TUK Teknik Pemesinan SMK Kartini Batam

Asesi USK saat diuji oleh Asesor (ist)

TELISIKNEWS COM,BATAM – Program keahlian Teknik Pemesinan secara umum mengacu pada isi Undang Undang  Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Selain itu, dalam  penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa, pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Hal inilah yang diterapkan oleh SMK Kartini Batam yakni melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK ) ruang lingkup Teknik Pemesinan, mulal tanggal 5 -6 Pebruari 2022 oleh LSP Kartini Batam. Dengan unit yang diujikan yaitu mengoperasikan mesin Bubut, mesin Frais dan mesin CNC.

Bacaan Lainnya
Asesor dan para siswa peserta USK (ist)

USK dilaksanakan dengan 2 tahap yaitu uji teori dan praktik. Peserta USK adalah siswa kompetensi keahlian Teknik Pemesinan sejumlah 59 siswa, Asesor pengujinya Drs. Manombol Siregar, M.Pd.

“Dua hari LSP SMK Kartini Batam, melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi di Tempat Uji Kompetensi (TUK) siswa Teknik Pemesinan SMK Kartini. Dengan Skema KKNI Level 2 Teknik Pemesinan,” ujar Direktur LSP Kartini Batam, Drs. Yusman Johar M.Pd, Sabtu (5/2/2022) siang pada Telisiknews. com

Seorang siswa SMK Kariini Batam sedang mengikuti USK (ist)

Diterangkan Yusman Johar bahwa LSP SMK Kartini sudah ke -4 kali  melaksanakan USK di SMK Kartini. Dan semua lulusan SMK Kartini Batam telah memiliki Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.(BNSP).

” Semua siswa lulusan SMK Kartini Batam sudah tersertifikasi oleh BNSP sesuai dengan jurusannya. Ada 2115 Sertifikat dari berbagai jurusan, mulai dari Akuntansi, Multimedia, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Keperawatan,” tuturnya.

Untuk Uji sertifikasi kompetensi perdana tahun 2022 di SMK Kartini Batam, di mulai 5 Februari 2022 sampai dengan 1 April 2022 nanti. Ungkap Yusman Johar. (Nikson ).

Editor : A.Yunus

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.