Kades Pakam Raya Selatan Gunakan DD Belanjakan Bibit Pohon Mangga dan Durian, Warga Ngaku Tak Dibawa ke Forum

kantor desa Pakam Raya Selatan ((nk)

TELISIIKNEWS.COM,SEI SUKA – Pemerintah desa (Pemdes) Pakam Raya Selatan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara melakukan belanja bibit pohon Mangga dan Durian yang diduga menggunakan anggaran dana desa (DD) tahun 2023.

Informasi dari salah seorang tokoh masyarakat desa Pakam Raya Selatan mengatakan bahwa, kegiatan belanja bibit pohon itu tidak pernah dibawakan dalam rapat desa. Namun nyatanya sudah ada kebijakan yang dilakukan Kades sendiri. Bibit pohon itu juga disimpan dalam rumahnya bukan dibawa ke kantor desa.

Bacaan Lainnya

” Terkait bibit pohon Mangga dan Durian itu, tidak pernah ada dirapatkan di balai desa. Kenyataanya bibit tersebut sudah di simpan dalam rumah pribadiny. Cara baginya bukan dari kantor desa,” kata seorang tokoh masyarakat yang namanyanya tidak mau disebutkan kepada media ini, Rabu (7/6/ 2023) siang.

Lanjutnya, bahwa Kepala Desa Pakam Raya Selatan, Parluhutan Situmorang mengalokasikan Dana Desa (DD )Tahun 2023 dengan membelanjakan bibit pohon Mangga dan Durian tanpa musyawarah /forum desa. Selain itu juga, tidak ada besaran pagu dan jumlah pohon yang dibelanjakan.

“Seharusnya bibit pohon itu dapat dilihat masyarakat secara terbuka. Namun Kades membawa semua bibit pohon itu kerumahnya dan membagi – bagikan kepada yang dia suka,” ungkapnya.

Sedangkan salah seorang warga desa Pakam Raya Selatan juga menyampaikan keluhanya dan mengatakan, sejak PS Kades tidak ada perubahan dan pembangunan yang tambah.

“Sejak PS menjabat Kades Pakam Raya Selatan, tidak ada pembangunan yang tambah atau ada perubahan di desa kami ini. Dan malah makin amburadul,” kesalnya.

Sementara, saat dikonfirmasi media ini kepada Parluhutan Situmorang selaku Kepalla Desa Pakam Raya Selatan melalui whatsap maupun telepon tidak ada balasan maupun jawaban terkait bibit pohon Mangga dan Durian tersebut, hingga berita ini ditayangkan ke publik.

Kemudian, Camat Medang Deras, Syrahrizal mengaku tidak mengetahui terkait bibit pohon Mangga dan Durian yang konon katanya ada pembagian ke warga yang lakukan kepala desa Pakam Raya Selatan, Namun Syahrizal menegaskan akan memanggil Kedes Pakam Raya Selatan itu.

” Saya belum ada laporan terkait pembagian bibit itu, nanti akan saya panggil dulu dia,” tegas Syahrizal Rabu (7/6/) sore. (nik).

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.