Jemaat HKBP Batam Center Pesta Gotilon Menyerahkan Hasil Panen ke Hadapan Tuhan

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Perayaan pesta Gotilon di Gereja HKBP Batam Center, Minggu (15/11/2020). Pesta Gotilon merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan melalui pesta panen, yang diiringi dengan nyanyian.

Setiap penghujung tahun, pesta Gotilon yang dilakukan oleh orang Batak khususnya gereja HKBP,  memberikan persembahan kepada Tuhan.

Bacaan Lainnya

Lalu apa sebenarnya Pesta Gotilon? Menurut Kamus Batak Toba Indonesia, gotilon berarti panen, yang berasal dari kata ‘gotil’ (mencubit).

Mungkin saat musim panen dahulu kala, masyarakat Batak belum mempunyai alat ‘anai-anai’ yang jika dipakai memang persis seperti orang sedang mencubit atau ‘ manggotil’.

Dalam pesta Gotilon (panen) ini, masyarakat Batak memberikan persembahan sebagai ucapan syukur atas hasil panen mereka.

Dalam tradisi gereja Batak, seperti HKBP, pesta Gotilon dilaksanakan setahun sekali. Dalam pesta tersebut, satu per satu jemaat datang ke altar untuk menyampaikan persembahan dengan diiringi musik.

Jemaat HKBP Batam Center diacara pesta Gotilon

Dalam khotbat Pdt M.Sitindaon S.Th bahwa, tradisi pesta Gotilon Huria yang dilaksanakan oleh Gereja HKBP adalah kesadaran akan berbagai pemberian yang baik dan anugerah yang semata-mata bersumber dari Tuhan.

“Dengan dasar itulah kita disadarkan untuk memberikan yang terbaik kepada Tuhan,” kata pendeta HKBP Batam Center ini.

Lanjut Sitindaon dalam khotbahnya mengatakan bhawa, Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah menyertai serta membarui semangat juang pada masa pencobaan yang menyulitkan di masa ‘pandemi’ ini. Tuhan kiranya memberi kekuatan, ketahanan, dan sukacita baru menghadapi dan mengatasinya.

“Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu” (Yer. 29:7),” ujarnya.

Tema: Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu ( Keluaran 22: 29a).

 

Nikson Juntak

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.