Jelang Pindah Tugas, Kajati Kepri Resmikan Command Center Adhyaksa Marine dan Pendopo Yustisia

Kajati Kepri Rudi Margono saat pemotongan pita peresmian Command Center Adhyaksa Marine dan Pendopo Yustisia didampingi Wakajati Rini Hartatie serta Gubernur Kepri Ansar (hum).

TELISIKNEWS.COM,TANJUNG PINANG – Menjelang pindah tugas dan menjadi Kajati DKI Jakarta, Kajati Kepri Dr Rudi Margono, SH.MHum. didampingi Wakajati Kepri Rini Hartatie,SH. MH. para Asisten, Kajari Tanjungpinang, Kajari Bintan, Koordinator, dan Kepala Seksi pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, meresmikan Command Center Adhyaksa Marine dan Pendopo Yusitia Kejati Kepri, Senin (25/03/2024).

Hadir pada peresmian tersebut Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, SE, MM, Kadis Perhubungan Provinsi Kepri, Pj. Walikota Tanjungpinang, Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Kepala Bappeda Prov. Kepri, Kepala KSOP Tanjungpinang dan Batam, Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Kadis Kelautan dan Perikanan propinsi Kepri, BPTD Kelas II propinsi Kepri, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, dan Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjungpinang Kemenhub Dirjen Perhubungan Laut dan Kepala KPLP Tanjung Uban.

Bacaan Lainnya

Rudi Margono dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran Kejati Kepri yang telah mewujudkan inovasi terbaik untuk dijadikan pilot project bagi Kejaksaan Tinggi lainnya, secara khususnya diwilayah kepulauan untuk memberikan output positif dan menghasilkan suatu produk pelayanan yang menjadi pionir dalam sinergitas penegakan hukum sektor kelautan.

Bahwa Kejaksaan Tinggi memiliki tugas dan wewenang serta fungsi Kejaksaan di daerah hukum Kejaksaan Tinggi yang bersangkutan, berdasarkan Undang- undang Intilejen Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara dan Pasal 30 b Undang- undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang perubahan atas Undang- undang 16 Tahun 2004 khususnya terhadap bidang Intelijen penegakan jukum terkait dengan Tusi menyelenggarakan fungsi penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan untuk kepentingan penegakan hukum, menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan, serta melaksanakan pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Atas dasar tersebut maka, inovasi yang dihadirkan Kejati Kepri sangat dibutuhkan, menandakan pentingnya kerja sama lintas sektoral khususnya urgensi dalam menjaga kelestarian laut dan mendukung pengawasan kelautan. Ujar Rudi Margono melalui Kasi Penkum, Denny Enteng, Senin (25/3/2024).

Kajati Kepri Dr. Rudi Margono juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh stakholder terkait, dan khususnya jajaran Pemerintah baik yang ada di provinsi Kepri hingga Kabupaten/Kota, untuk menjadikan Command Center Adhyaksa Marine ini sebagai wadah yang dimanfaatkan untuk memonitor dan mengelola lalu lintas maritim, serta menyediakan data penting untuk penegakan hukum dan pengawasan kelautan.

Rudi Margono yakin dan percaya bahwa, Command Center Adhyaksa Marine yang dihadirkan Kejati Kepri dalam penyelenggaraannya sangat membantu Pemerintah provinsi Kepri dalam hal urgensi dan isu-isu yang terkait dengan wilayah perairan mencakup berbagai peraturan terkait pelayaran, lingkungan laut, dan perdagangan internasional.

Serta sangat membantu dalam hal upaya Pemerintah untuk mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor kelautan dan peningkatan layanan kepada masyarakat guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik (Good Governance). Ungkapnya.

Lanjut, Rudi Margono menyampaikan, adapun tujuan Command Center Adhyaksa Marine bertujuan untuk melakukan pengawasan dan monitoring segala jenis kegiatan lalu lintas kelautan seperti arus kunjungan kapal, bongkar muat peti kemas, arus penumpang, kinerja peralatan dan fasilitas, tarif jasa kepelabuhan serta perkembangan jumlah Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang mengoperasikan pelabuhan.

Dalam kesempatan yang sama Kajati Kepri Rudi Margono, juga meresmikan Pendopo Yustisia Kejati Kepri, yang diharapkan dapat menjadi sarana yang berguna untuk menunjang kegiatan pelayanan hukum, penyuluhan hukum, dan penerangan hukum bagi masyarakat.

Pendopo Yustisia tersebut dapat digunakan sebagai sarana diskusi bagi para Pegawai dan Jaksa pada Kejati Kepri dalam hal membahas permasalahan hukum atau dinamika hukum khususnya yang ada di wilayah Provinsi Kepri.

Diakhir kegiatan ditandai dengan penandatangan pasasti peresmian Command Center Adhyaksa Marine dan Pendopo Yustisia yang ditandatangani oleh Kajati Kepri Dr. Rudi Margono disaksikan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan seluruh unsur forkopimda yang hadir. Pungkasnya. (Ril).

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.