Inilah Penyakit Mematikan di Balik Perut Kembung

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Hati hati jika anda mengalami perut kembung jangan dibuat sepele. Hal ini merupakan kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak hingga lanjut usia. Terkadang ada yang mengira bahwa keadaan tersebut disebabkan oleh masuk angin, padahal perut kembung juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang sangat berbahaya.

Perlu kita ketahui bahwa perut kembung merupakan kondisi yang terjadi akibat banyaknya gas yang berkumpul di dalamnya. Dalam kondisi yang tidak parah, perut kembung akan memberikan gejala diantaranya: Perut terasa penuh, sesak, ukuran lebih besar dari biasanya dan nyeri.

Bacaan Lainnya

Gejala tersebut biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu singkat. Namun bila gejala itu tetap menetap, dan ditambah dengan hadirnya gejala-gejala lain, seharusnya anda sebaiknya waspada.dan periksa ke dokter.

Inilah jika Perut kembung dan gejala-gejala pertanda adanya penyakit-penyakit berikut ini:

1 Penyakit Crohn

Penyakit Crohn terjadi akibat peradangan kronis pada lapisan sistem pencernaan. Penyakit ini dapat menyebabkan usus tersumbat. Maka itu, seseorang yang menderita penyakit Crohn akan mengalami gejala perut kembung yang parah, disertai dengan penurunan berat badan, diare, serta mual dan muntah setelah makan.

2 Kanker Pankreas

Perut kembung akibat kanker pankreas biasanya akan memberikan gejala penyerta, berupa penurunan nafsu makan dan berat badan, nyeri perut yang parah, serta menguningnya kulit maupun mata.

3 Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan salah satu penyakit bergejala perut kembung, yang disertai dengan keluhan cepat merasa kenyang, dan nyeri panggul. Kanker jenis ini disebabkan oleh pertambahan usia, obesitas, riwayat keluarga alias genetik, dan konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

4 Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan salah satu kondisi berbahaya, yang salah satu gejalanya adalah perut kembung. Pada kasus ini, penderita juga akan mengalami gejala lain seperti perdarahan pada vagina, keputihan, nyeri panggul, dan nyeri saat buang air kecil.

5 Kanker Perut

Tahukah Anda bahwa perut kembung merupakan salah satu gejala yang dapat terjadi akibat kanker perut? Perut kembung akibat kanker perut biasanya hadir bersamaan dengan gejala lain, misalnya mual, perasaan kenyang di perut bagian atas, gangguan pencernaan, sakit perut yang parah, dan penurunan berat badan.

Didik K

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.