IKABTU Kota Batam Apresiasi Putusan Hakim Membebaskan Nasir Hutabarat dari Dakwaan JPU

Ketua IKABTU Batam Nasir Hutabarat, Sekretaris IKABTU Mangihut dan para anggota lainnya (istimewa).

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Ikatan Keluarga Besar Tapanuli Utara (IKABTU) Kota Batam menyampaikan apresiasi atas putusan yang dijatuhkan terhadap Roma Nasir Hutabarat. Dimana sejak ditetapkan dia sebagai tersangka oleh penyidik hingga sampai persidangan pengadilan, IKABTU selalu mengikutinya.

Faktanya sekarang bahwa apa yang didakwaakan pada Roma Nasir Hutabarat tidak seharusnya masuk ke ranah pidana. Hal ini sesuai dengan pertimbangan hukum dan pendapat dari dua majelis hakim yang menyidangkan, sekalipun satu hakim menyatakan dissenting opinion.

Bacaan Lainnya

“Jadi kami dari IKABTU Kota Batam menyampaikan apresiasi pada hakim yang sudah membuat keputusan benar terhadap Roma Nasir Hutabarat,” ungkap Sekretaris IKBTU Kota Batam, Mangihut Rajagukguk M.M, Selasa (14/5/2024) .

Ditegaskan Mangihut bahwa sebagaimana dari hasil putusan hakim tersebut dan sesuai Pasal 378 KUHP juncto  Pasal 65 KUHPidana yang dibuktikan. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam menyatakan perbuatan terdakwa bukan tindak pidana.

“Menyatakan terdakwa Roma Nasir Hutabarat terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan tetapi merupakan bukan tindak pidana,” ujar Mangihut Rajagukguk menirukan hasil putusan dari hakim Benny Yoga Dharma yang bertugas sebagai Hakim Ketua dan David Sitorus sebagai hakim anggota.

Sehingga diputusan terdakwa yang disebut hakim lepas dari segala tuntutan hukum serta memberikan harkat dan kedudukan serta martabatnya. Kemudian biaya dalam perkara ini dibebankan terhadap negara. Pungkas Mangihut Rajaguguk.

Perlu juga disampaikan bahwa dalam perkara ini, pihak Roma Nasir Hutabarat sudah bersedia untuk mengakui kelebihan sisa AjB dan BPHTB. Bahkan terdakwa sudah menyangupi untuk membayar sisa tersebut kepada konsumen..Tandas Mangihut. (Tm).

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.