Harun Terpilih Ketua RW 039 Marbella. Lurah Belian Sarankan Demokrasi, Ketua Panitia Cuek

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Jauh sebelum pemilihan calon ketua RW 039 Marbella 1, Kelurahan Belian, Kecamatan Kota Batam dilaksanakan, sudah banyak saran yang disampaikan Farhan Muhammad selaku Lurah Belian kepada ketua panitianya agar membuat mekanisme pemilihan secara demokrasi.

Namun saran yang disampaikan Lurah tersebut tidak direspon dengan baik oleh Miswanto selaku ketua panitia. Bahkan, saat Lurah diminta oleh ketua panitia memberi kata sambutan dalam pembukaan sebelum detik -detik pemilihan di mulai, Lurah juga kembali menyampaikan dihadapan para calon ketua RW dan 11 perwakilan pemilih setiap RT supaya pemilih dilakukan secara demokrasi. Lagi -lagi, ketua panitia tidak menghiraukannya.

Bacaan Lainnya

Lurah bahkan mencontohkan beberapa pemilihan RW yang sudah dihadirinya. Menurutnya, dia pernah mengikuti pemilihan RW dari pagi sampai malam karena dilakukan secara demokrasi, dimana semua warga memberikan hak suaranya untuk memilih.

Kemudian, di pulau -pulau itu dibuat pemilihan dengan mengutus beberapa perwakilan. Hal itu dilakukan karena jarak satu pulau dengan pulau lain jauh maka dibuat perwakilan pemilih.

“Sementara di Marbella ini warga nya semua ada dalam satu komplek, maka sebaiknya pemilihannya dilakukan secara demokrasi sehingga semua warga berhak memberikan suaranya tidak ada yang komplin. Namun saran saya ini tidak ditanggapi alias dicuekin oleh ketua panitianya,” kata Farhan Muhammad, Selasa (12/7/2022) malam di Fasum Pos Yandu Marbella 1 Batam Center.

Anehnya lagi, ketua panitia membuat tatib pemilihan yang semuanya di copy paste dari Perwako Nomor 22 Tahun 2020 pasal 26. Sehingga terlihat jelas bahwa panitia pemilihan calon RW 039 Marbella 1 yang ditunjuk tidak kreatif dalam membuat mekanisme pemilihan.

Dari 800 jumlah warga yang ada di komplek perumahan Marbella 1 Batam Center, yang dapat memilih hanya 11 orang setiap RT dan 4 dari perangkat RW. Sehingga sebanyak 48 orang saja yang berhak menjadi pemilih dalam pemilihan RW 039 Marbella 1 tersebut.

Ada 3 calon ketua RW 039 Marbella 1 ini yaitu: Dunya Harun. Ferizal Nurdin dan Suyoto. Dari hasil suara pemilihan tersebut, Dunya Harun terpilih menjadi ketua RW 039 Marbella 1 periode 2022 -2027 dengan 26 suara. Sedangkan Ferizal Nurdin 12 suara dan Suyoto 10 suara yang keduannya dari RT yang sama RT 01.

Temuan media ini dalam pemilihan RW 039 ini terlihat sangat jelas ajakan untuk membawa satu calon supaya dipilih. Temuan tersebut berada di RT 03 Marbella 1.

Demikian bunyi dan foto pertemuanya :

Foto saat RT 03 kumpul bersama perwakilan warga (ist).

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.