Dokter Michael Bersaksi Tentang Kasus Setya Novanto. Ini Keterangannya

TELISIKNEWS.COM, JAKARTA— Dokter Michael Chia Cahaya yang bertugas di ruang instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Medika Permata Hijau menolak merekayasa data medis pasien atas nama Setya Novanto. Michael bahkan memilih dipecat ketimbang diintervensi.

Inilah keterangan dan kesaksian Dokter Michael yang dilansir Kompas.com saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat (23/3/2018). Michael bersaksi untuk terdakwa dokter Bimanesh Sutarjo.

Bacaan Lainnya

“Saya bilang, dokter mau pecat saya tidak apa-apa, saya bisa cari kerja lagi,” ujar Michael saat menirukan ucapannya kepada dokter Alia yang merupakan atasannya.

Menurut Michael, Fredrich Yunadi, pengacara Setya Novanto, meminta agar dia membuat diagnosis palsu dan seolah-olah Setya Novanto mengalami luka akibat kecelakaan. Padahal, saat itu dia belum memeriksa mantan ketua DPR RI tersebut.

Permintaan untuk merekayasa data medis itu juga disampaikan oleh terdakwa, yakni dokter Bimanesh Sutarjo. Namun, semua permintaan itu ditolak Michael.

“Saya pikir ini sudah tidak benar, makanya saya minta gantian jaga IGD,” kata Michael

Menurut Michael, saat itu dokter Alia menyarankan agar dia hanya menjalankan tugas sesuai aturan.

“Dokter Alia bilang, ‘Saya enggak minta kamu bohong, kalau memang dia perlu dirawat, ya, dirawat, kalau enggak, ya, enggak usah’,” kata Michael. (redaksi)

sumber: kompas.com

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.