Bupati Batu Bara Serahkan Bantuan Alat Pencacah Bedengan Tanah Pada Petani Cabai

TELISIKNEWS.COM BATU BARA -Bupati Batu Bara Ir.H Zahir, M.AP menyerahkan bantuan alat penbuat dan pencacah bedengan kepada petani cabai di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Sabtu, (05/12 /2020).

Bupati menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan janjinya saat ada acara panen raya cabai. Yang selama lima belas tahun bedengan tidak ada peremajaan sehingga tanah yang digunakan menjadi jenuh. Dimana mahalnya biaya untuk membuat bedengan yang harganya sekitar 40.000/meter.

Bacaan Lainnya

” Hari ini kita melihat bahwa cabe terserang virus. Karena itu harus ada riset yang dilakukan. Saya berharap Pihak Inalum, terutama pihak Bank Indonesia agar ikut membantu meriset tentang permasalahan pada pertanian cabai. Dimana cabai juga memengaruhi inflasi,” ungkap Zahir.

Untuk para kelompok tani, kata Zahir, jangan ada yang menjual alat ini karena alat ini diberikan gratis kepada para kelompok tani cabai.

”Bantuan yang kami serahkan ini berupa alat pencacah bedengan/Cultivator 10 unit, pembuat bedengan/ Rotary Zena 7 unit. Dana bantuan ini bersumber dari biaya tak terduga Covid-19 yang diberikan kepada 10 kelompok tani cabai,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Kabupaten Batu Bara, H. Sakti Alam Siregar, SH, Ketua DPRD Batu Bara, M.Safi’i, SH, Asisten II, Drs. Sahala Nainggolan, MM, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Koperindag, Kadis Pertenakan, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Camat Lima Puluh Pesisir, Camat Medang Deras, Camat Lima Puluh, Perwakilan Inalum dan perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Siantar. (Vit)

Editor : Nikson Juntak

 

 

 

 

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.