Buat Terang, Baznas akan Gelar Operasi Katarak Gratis di Batam

TELISIKNEWS.COM,BATAM -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menggelar operasi katarak gratis secara massal pada Tanggal 8 Juli mendatang di Batam. Operasi gratis tersebut digelar dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas masyarakat Indonesia dari kalangan kurang mampu.

Syamsurizal mengatakan, kegiatan operasi katarak gratis diharapkan bisa membantu masyarakat tidak mampu. Sehingga mereka lebih berdaya dan produktif dalam menjalankan aktivitasnya dengan penglihatan yang baik. Maka produktivitas mereka diharapkan bisa semakin meningkat.

Bacaan Lainnya

“Jadi operasi ini untuk siapa saja yang memiliki penyakit katarak,” kata Syamsurizal, ketua panitia kegiatan, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan operasi katarak gratis ini, lanjutnya, diharapkan bisa membantu masyarakat tidak mampu. Sehingga mereka lebih berdaya dan produktif dalam menjalankan aktivitasnya dengan penglihatan yang baik.

Ini bertujuan untuk menurunkan angka kebutaan yang diakibatkan oleh penyakit katarak, meningkatkan harapan dan produktivitas masyarakat. Ujarnya.

Syamsurizal menjelaskan presentase kasus katarak di Kepri sekitar satu persen. Artinya 2,5 juta warga Kepri sekitar 25 ribu penduduk Kepri yang mengalami penyakit katarak. “Sementara jumlah dokter spesialisnya masih belum banyak,” katanya.

Ia menambahkan bahwa penyakit katarak sendiri disebabkan paparan sinar ultraviolet secara langsung. Biasanya pengidapnya adalah masyarakat golongan ke bawah yang terpapar langsung dengan sinar matahari.

Untuk kegiatan ini, pantia menargetkan 150 orang yang mengikuti operasi Katarak tersebut. Pendaftaran mulai 17 Juni hingga 1 Juli 2019. Dan lokasi pendaftaran di Klinik Rumah Sehat Baznas (RSB) Jalan Tuah Sakti Blok nomor 5, Bengkong Sadai.

“Untuk persyaratannya fotokopi KTP/KK dan surat keterangan bahwa, peserta memiliki penyakit katarak dari rumah sakit atau puskesmas,” pungkasnya.

 

 

Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.