BTKLPP Batam Periksa 11.748 Sampel Corona Virus Disease 19 Awal Tahun 2022 

Foto Kantor BTKLPP Batam (ist).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Sejak Januari 2022 hingga saat ini, ada 11.748 sampel C19 diperiksa di laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam.

Data sampel tersebut, disampaikan oleh Kepala BTKLPP Batam, Budi Santoso, SKM, MK. KK menerangkan bahwa, hampir semua positif yang diperiksa kecenderungannya Omikron dan penambahannya naik terus.

Bacaan Lainnya

“Data sampel sampai saat ini sebanyak 11 748 dan yang positive covid ada 548. Kemudian Probable Omikron 109 dan Convirm Omikron 19. Jadi kita periksa sampel dari Pekerja Migran Indonesia (PMI ) dan Masyarakat Kepri,” tutur Budi Santoso, Sabtu (5/2/2022) pagi kepada Telisiknews. com.

Dari 109 probabel Omikron di RS Batam ada 88, PMI 15, Bintan 3 dan TBK ada 3. Sedangkan dari 19 komfirm Omikron hasil pemeriksaan Litbangkes di RS Batam sebanyak 3, PMI ada 15 dan RSKI galang ada 1.

Kemudian, untuk sampel positif covid dilanjutkan pemeriksaan screening SGTF. SGTF merupakan singkatan dari S-gene Target Failure, sebuah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi suspek atau kasus probable varian Omicron. S-gene merupakan salah satu elemen virus yang tidak ada pada varian Omikron akibat mutasi yang dialami.

“Test SGTF kita dilakukan juga di BTKLPP Kelas 1 Batam, Untuk menentukan varian Omikron atau bukan,”ujar Budi.

Selanjutnya, untuk sampel positif yang sudah di screening SGTF dilanjutkan test WGS (Whole Genome Squensing) di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta. Metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi varian Omikron adalah dengan tes WGS. Pungkasnya. (***).

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.