BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan  Data Sampel Mudahkan Akses Untuk Masyarakat

TELISIKNEWS.COM,JAKARTA – BPJS Kesehatan meluncurkan data sampel, hal ini untuk memudahkan akses data untuk masyarakat dan sekaligus  mendukung upaya penyempurnaan kebijakan JKN – KIS

Peluncuran sampel data ini mengingat bahwa BPJS sebagai penyelenggara jaminan kesehatan dengan jumlah peserta paling banyak di dunia. Sehingga BPJS Kesehatan menjadi salah satu sumber data terbesar di Indonesia yang dilirik banyak pihak, termasuk peneliti dan akademisi, khususnya sebagai dasar penyusunan kebijakan program JKN – KIS.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama BPJS kesehatan Fachmi Idris, Senin (25/2/2019) mengatakan bahwa, peluncuran sampel data ini merupakan salah satu wujud transparansi BPJS Kesehatan dalam memberikan informasi pada publik.

Menurutnya, data sampel BPJS Kesehatan merupakan perwakilan dari basis data kepesertaan dan jaminan pelayanan kesehatan sepanjang 2015 dan 2016. Data tersebut diambil dengan menggunakan metodologi pengambilan sampel dan melibatkan banyak pihak, termasuk akademisi.

Dalam data sampel ini, disajikan 111 variabel yang bisa diolah. Terdiri dari 15 variabel kepesertaan BPJS Kesehatan, 23 variabel Pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 20 variabel Pelayanan Non-Kapitasi FKTP, dan 53 variabel Pelayanan Kesehatan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang semuanya terhubung melalui variabel nomor Kartu Peserta.Tuturnya.

# Rilis #

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.