BNSP Lakukan Witness pada Uji Kompetensi Perdana LSP Kartini Batam

TELISIKNEWS.COM,BATAM – BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), melakukan asesmen atau penilaian melalui penyaksian (witness) dalam pelaksanaan uji kompetensi perdana yang dilaksanakan LSP SMK Kartini Kota Batam.

Pelaksanaan uji kompetensi perdana pada dua jurusan baru di SMK Kartini Batam yakni, Tehnik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Keperawatan Kesehatan (KK). Sebanyak 28 siswa kelas XII TKRO dan 28 siswa kelas XII KK.

Bacaan Lainnya

Witness ini dilaksanakan selama dua hari yaitu :Jumat – Sabtu,  24 -25 September 2021 yang dilakukan oleh dua asesor dari BNSP Pusat, Gembong S Purboyo dan Hendrian Mathius.

Tim assesor BNSP saat cek kesiapan di bengkel SMK Kartini Batam

Gembong S Purboyo selaku Ketua Tim Witness BNSP mengungkapkan, bahwa LSP SMK Kartini Batam, sudah mendapat sertifikat lisensi dari BNSP terkait skema KKN level II kompetensi keahlian Tehnik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Keperawatan Kesehatan (KK).

Menurutnya, persyaratannya setelah mendapatkan sertifikasi dalam melaksanakan uji kompetensi yang pertama dilakukan, harus di witness atau disaksikan oleh BNSP.

Hal ini untuk melihat dan memeriksa apabila ada ketidaksesuaian dengan pedoman. Karena dalam melaksanakan uji kompetensi harus sesuai pedoman yang sudah ditetapkan BNSP.

Siswa SMK Kartini peserta uji kompetensi keahlian sedang bongkar gerbok mesin mobil.

Jika sudah sesuai, untuk selanjutnya LSP SMK Kartini Batam ini bisa melakukan uji kompetensi kepada para siswanya atau siswa sekolah jejaring sesuai jadwal telah ditentukan.

“Tujuannya, supaya saat kita witness, nanti dilihat apa ada kekuranga atau tidak. Kalau ada kekurangan, maka harus diadakan perbaikan. Supaya saat melaksanakan uji kompetensi selanjutnya tidak membuat kesalahan lagi, yang dalam istilah sertifikasi disebut membuat ketidaksesuaian,” kata Gembong S Purboyo, Jumat (24/9/2021) pagi di kampus SMK Kartini Baloi Kota Batam.

Sementara Kepala SMK Kartini Batam, Mujiono menjelaskan, dalam pengajuan LSP di SMK yang dipimpinnya, untuk dua uji kompetensi keahlian baru, teknik kendaraan ringan otomotif dan keperawatan kesehatan.

Siswa keperawatan kesehatan uji kompetensi sedang merawat pasien di kampus SMK Kartini Batam

“Witness ini sebagai tindaklanjut dari permohonan SMK Kartini Batam untuk mendapatkan LSP,  yang kita ajukan. Dan terima kasih kami sampaikan atas kehadiran dan respon dari BNSP Pusat ke LSP Kartini Batam ini,” ujar Muljiono.

Kemudian, Ketua LSP Kartini Drs Yusman Johar menyampaikan terima kasih dengan diberikan sertifikat lisensi untuk keahlian teknik kendaraan ringan otamotif dan keperawatan kesehatan.

Dengan sertifikat ini, kata Yusman anak-anak yang lulus nanti dan mendapatkan sertifikat uji kompetensi, bisa membantunya dalam melamar pekerjaan pada suatu perusahaan.

Dimana sebelumnya, LSP Kartini juga sudah melakukan uji kompetensi untuk keahlian akutansi dan komputer. Dan saat ini SMK Kartini memiliki SMK jejaring lainnya, diantaranya SMK BBS Batam, SMK Ibnu Sina Batam, SMK Globe Batam, SMK MHS Batam, SMK Nurul Jadid Batam, SMK Islam Hang Tuah Batam, SMK Kolese Tiara Bangsa Batam. Tutur Yusman Johar.

Penulis : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.