Biaya 20 Milyar, Stadion Mini Batam Kondisinya Memprihatinkan

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Pembangunan stadion sepak bola mini yang ada di Batu Besar Nongsa hanya pemborosan anggaran dan peruntukannya tidak jelas. Bangunan dilengkapi tribun penonton itu menelan biaya sebesar Rp 20 Milyar oleh Pemerintah Kota Batam.

Kondisi stadion mini tersebut sangat memprihatinkan, lantai bangunan terlihat kotor dan sudut -sudut kaca cendela diselimuti sawang langit serta lapangan sepak bola ditumbuhi ilalang dan rumput berduri.

Bacaan Lainnya

Dari pantaun dilokasi, tanah lapangan sepak bola terlihat berbukit -bukit dan tidak rata sehingga belum layak untuk digunakan. Melihat kondisi stadion saat ini terkesan asal jadi saja pembangunanya.

Menurut Ketua NCW Mulkamsyah, awal berdirinya bangunan ini punya banyak masalah, pembangunannya dari tahun 2014, kemudian tender dibuka dan dimenangkan PT Indah Surya Cemerlang, yang diduga menjadi pilihan Dinas Tata Kota Batam.

Proyek yang dimenangkan PT Indah Surya Cemerlang dengan Nilai Rp.9. 860.396. 000 milyar. Sesuai nomor kontrak. 29/Kontrak/F PPK/VI/2014 dan waktu pelaksana 180 hari kalender. PT. ISC memakai konsultan pengawas dari PT. Astakona Citra Grafindo.

Proyek pun berjalan, namun baru pembangunan 30 persen sudah ada masalah dan kontraktor meninggalkan pekerjaanya. Diduga untuk mengelabui para pihak, membuat manipulasi data. Dengan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Serah Terima Pekerjaan dan Berita Pembayaran Pekerjaan. Tuturnya.

Kondisi lapangan stadion mini

Saat itu terendus kepermukaan, ketika adanya temuan dilapangan terkait pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut tidak rampung dikerjakan hingga 100 persen.

Kemudian pembangunan stadion sepak bola mini tersebut dilanjutkan kembali ,dengan kontraktor yang berbeda yaitu PT.Sidoarjo Sucses Sentosa, dengan nomor kontrak 18/kontrak/Fisik- Bola Min /PPK/ DTK/ Vll / 2016 tanggal kontrak 25 juli –31 Desember 2016. Nilai kontrak Rp 4.741. 326.000 milyar dengan jangka waktu 150 hari.

Lagi -lagi pembangunan stadion sepak bola mini ini tidak rampung sesuai kontrak. Stadion yang dibangun Dinas Tata Kota Batam itu, seharusnya sudah selesai tahun 2014 lalu.

Ambrudulnya tata kelolah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengguna Anggaran ( PPA), sehingga anggaran pembangunan stadion mini tersebut diperkirakan sudah menelan biaya Rp 20 Miliar.Pungkasnya. (Khairul Efendy)

Editor : Nikson Juntak

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.