Bagi Suami Istri, Ini Hukum Hubungan Intim Saat Malam Takbiran Idul Fitri Menurut Ustaz Abdul Somad

TELISIKNEWS.COM – Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan jam, tentu saja hari kemenangan ini harus disambut dengan memperbanyak ibadah lantaran baru menjalani bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Namun bagaimana jika pasangan suami istri bernafsu untuk melakukan hubungan intim selepas buka puasa Ramadhan terakhir kali usai pada malam takbir..?

Bacaan Lainnya

Hal inilah yang ditanyakan artis Olla Ramlan kepada Ustaz Abdul Somad, dikutip dari kanal YouTube Slamet Basuki.

“Malam terakhir Ramadhan itu kan harus diisi dengan salat, kemudian zikir. (Tapi) kalau di malam terakhir ini kita berhubungan suami istri gimana, Ustaz..? Masih boleh nggak? Lebih baik seperti apa.? Kalau laki-laki mungkin gampang ya mandinya, kalau perempuan kan panjang, basah, ini segala macam,” tanya Olla, dikutip pada Rabu (19/4/2023).

Ustaz Abdul Somad lalu menjawabnya dengan mengutip isi Al Quran. “Tentang berhubungan suami istri di malam Ramadhan, disebutkan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 187,” tutur Ustaz Abdul Somad.

“Dihalalkan bagi kamu pada malam Ramadhan berhubungan suami istri dengan istri kamu,” sambung ulama yang akrab disapa UAS tersebut. “Karena pada zaman dahulu puasa mereka berat. Puasa orang-orang sebelum kita tidak dibolehkan. Ketika datang agama Islam, syariat yang turun kepada Nabi Muhammad SAW dibolehkan.”

Terkait ibadah dalam kondisi berhadas besar, menurut Ustaz Abdul Somad, bisa dilakukan dengan beberapa catatan

“Bila tidak mandi, dia berwudu saja, habis itu dia balik tidur. Sebelum tidurnya dia boleh berzikir. Orang yang dalam keadaan hadas besar hanya tidak boleh membaca Al Quran, berzikir tetap boleh, berselawat tetap boleh,” kata Ustaz Abdul Somad.

“(Tapi) yang paling afdol dia mandi. Tapi kalau tidak mandi maka dia tetap berzikir,” ungkapnya (red).

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.