Ansar: Pemprov Kepri Tunggu Izin Kemenkes Untuk Mulai Vaksin Booster

Gubernur Ansar Ahmad menyatakan kesiapan Provinsi Kepri untuk memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat Kepri, dan sedang menunggu izin dari Kemenkes, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/1/2022). (Foto: Istimewa)

TELISIKNEWS.COM, KEPRI – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyatakan kesiapan Provinsi Kepri untuk memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat Kepri. Untuk memulai vaksinasi booster, saat ini Pemerintah Provinsi Kepri masih menunggu izin dan instruksi dari Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknis vaksin booster.

Sebelumnya diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi dampak penyebaran virus Covid-19 varian omicron di Indonesia, pemerintah akan memulai vaksin booster pada tanggal 12 Januari. Di Provinsi Kepri, Gubernur Ansar merencanakan peluncuran program vaksin booster di Kepri akan dibarengi dengan kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada tanggal 13-14 Januari.

Bacaan Lainnya

“Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kita bisa memulai vaksin booster di Kepri dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke Kepri nanti,” ujar Gubernur Ansar saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Vaksin Booster di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/1).

Provinsi Kepri memang termasuk dalam daerah yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksin booster. Syarat daerah yang bisa melakukan vaksin booster adalah sudah melebihi capaian 70 persen untuk vaksinasi dosis 1 dan sudah melebihi capaian 60 persen untuk vaksinasi dosis 2. Di Kepri, ada empat kabupaten/kota yang memenuhi syarat tersebut, yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna.

Terkait sasaran vaksin booster, pemerintah pusat memprioritaskan pemberian vaksin booster bagi kelompok lansia dan kelompok rentan. Lalu pemberian vaksin booster juga diberikan pada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Menyangkut target vaksinasi lainnya, skemanya masih digodok pemerintah pusat.

“Kalaupun izin dari pusat untuk vaksin booster belum keluar, kunjungan Mendagri nanti kita gantikan dengan vaksinasi anak. Yang jelas kunjungan menteri itu harus dibarengi dengan serbuan vaksinasi,” lanjut Gubernur Ansar.

Sementara itu, kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ke Kepulauan Riau akan diisi dengan beberapa agenda. Selain peninjauan vaksinasi, Tito Karnavian juga akan meninjau perbatasan negara Indonesia di Karang Singa dan memberikan pengarahan pada seluruh Forkompimda Kepri. Tito dijadwalkan akan datang ke Kepri bersama Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra dan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Aan Kurnia.

Turut hadir dalam rapat tersebut PJ. Sekretaris daerah Lamidi, Asisten I Herry Mokrhrizal, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Suyono, Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, Kepala Badan Perbatasan Doli Boniara, Kepala Dinas Kesehatan M. Bisri, dan kepala OPD Pemprov Kepri lainnya.

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.