85 Siswa SMK Ibnu Sina Batam Ikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Teknik Kendaraan Ringan

Kepala Sekolah Ibnu Sina, Syamsul (baju putih tengah) foto brrsama dengan siswa yang ikut UKK.(Ist).

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Siswa dan siswi SMK kejuruan di Batam terus digenjot untuk berkreasi untuk terampil sesuai jurusannya. Hal itu dilakukan agar para lulusan SMK tersebut dapat bersaing dalam dunia kerja maupun dalam pendidikan.

Berbagai pelatihan dan uji kompetensi kejuruan pun dilakukan, seperti halnya Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Teknik Kendaraan Ringan, Akutansi dan Lembaga, Kelistrikan hingga keperawatan.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 85 siswa SMK Ibnu Sina telah mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Teknik Kendaraan Ringan dari tanggal 12 -15 Maret 2022, yang dilakukan oleh LSP Kartini Batam.

Adapun materi yang diujikan adalah:
1. Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Konvensional
2. Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi
3. Pemeliraan Berkala Kendaraan Ringan
4. Spooring Balancing
5. Pemeliharaan Chasis
6. Kelistrikan Body
7. Pemeliharaan AC

Kepala sekolah Ibnu Sina, Syamsul membenarkan bahwa siswanya telah menyelesaikan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) teknik kendaraan ringan yang ujianya dengan LSP Kartini Batam dari tahun 2020 sampai sekarang.

“Siswa yang ikut UKK ini merupakan angkatan yang ke 1X di jurusan Tehnik Kenderaan Ringan ( TKR),” ujar Syamsul, Selasa (15/3/ 2022) pada Telisiknews.com.

Lanjut Syamsul, UKK ini sangat penting karena siswa wajib untuk legalitas kompentensi sebagai siswa SMK dan syarat utama untuk kelulusan.

“UKK ini sebagai syarat kelulusan dari seorang siswa SMK sehingga wajib untuk dilaksanakan,” ungkapnya.

Di SMK Ibnu Sina saat ini baru ada 3 jurusan yaitu : Tehnik Kenderaan Ringan (TKR), Akuntansi Bisnis Daring dan Pemasaran. Sementara 133 siswa dalam minggu ini ada jurusan perkantoran dan teknik informatika ( RPL). Tutupnya. (Nikson).

 

Editor : A.Yunus

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.